Aplikasi Kotak Saran Digital di Rumah Sakit Berbasis Android

Risa Vianita, Anggi Srimurdianti Sukamto, Anggi Perwitasari

Abstract


Rumah Sakit berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia tentang rumah sakit No. 44 Tahun 2009 didefinisikan sebagai institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pada praktiknya, mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit dipengaruhi oleh keseimbangan antara pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit dengan pelayananan yang diharapkan oleh pengguna jasa rumah sakit. Salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yaitu dengan menyediakan kotak saran. Namun pada kenyataanya, penggunaan kotak saran oleh pengunjung rumah sakit masih minim. Hal ini dapat disebabkan oleh tanggapan yang tidak langsung didapatkan setelah kritik dan saran pengguna rumah sakit menggunakan fasilitas kotak saran, mengingat kotak saran merupakan media komunikasi satu arah. Pada penelitian ini di buatlah aplikasi kotak saran digital di rumah sakit yang dapat berfungsi wadah kritik dan saran pengguna rumah sakit melalui perangkat andorid, serta meneruskan kritik dan saran tersebut langsung kepada pihak rumah sakit yang bersangkutan untuk ditanggapi. Berdasarkan hasil pengujian kompatibilitas, aplikasi dapat berjalan lancar pada berbagai jenis versi Android yaitu versi 5.0 (Lollipop) hingga versi 7.0 (Nougat). Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 800 yang berarti responden dapat menerima aplikasi ini dengan sangat baik.


Keywords


Android; Kotak Saran; Rumah Sakit; Pelayanan; Tanggapan

Full Text:

PDF

References


Septirahmawati. 2006. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Kembali Instalasi Farmasi Oleh pasien Rawat Inap Rs Islam Jakarta Pusat Tahun 2006. Tesis. Depok: Program Pasca Sarjana FKM UI.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2017. Kritik, Saran. https://kbbi.web.id/kritik, saran diakses tanggal 20 Maret 2017.

Suprianto, Didit dan Rini Agustina. 2012. Pemograman Aplikasi Android. Yogyakarta: MediaKom.

Andita, Reza dan Paramiditia Nurul. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Obat di Apotek Generik. Pontianak, Indonesia: Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 2, No. 1, ISSN 2460-7041, 2016.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Dirsa, Ridwan Tasa. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Outline Tugas Akhir (SPOTA) Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Berbasis Android. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 3, No. 2, 2015.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License