Cross Platform Aplikasi Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Kimia Struktur Molekul

Abdussalam Wahid, Hengky Anra, Tursina Tursina

Abstract


Teknologi Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu belajar termasuk  pembelajaran kimia struktur molekul. Hal ini dikarenakan praktik dalam pembelajaran stuktur molekul pada mata  pelajaran kimia masih menggunakan buku paket dan akan lebih baik jika ditambahkan informasi didalamnya. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3 dimensi beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga Augmented Reality diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan yang terkait dengan materi struktur molekul sehingga dapat membuat pengguna tertarik. Untuk membangun aplikasi berbasis android digunakan game engine UNITY serta menggunakan Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality, disertai dengan sebuah buku yang berisi marker yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi android dan ios yang dibangun dengan menerapkan teknologi Augmented Reality bertujuan sebagai alat bantu belajar dalam mata pelajaran kimia struktur molekul yang dapat menambahkan visualisasi objek 3D ke dalam lingkungan nyata. Berdasarkan hasil pengujian marker, semua marker dapat terdeteksi dengan baik, namun perlu diperhatikan ukuran minimal dan texture dari marker tersebut. Ukuran minimal marker yang dapat terdeteksi adalah 1,2cm x 1,2cm dengan jarak maksimal 5cm. Fitur Virtual Button berjalan dengan baik pada setiap objek yang berarti teknologi Augmented Reality dapat diterapkan sebagai alat bantu belajar dalam mata pelajaran kimia struktur molekul.


Keywords


Struktur molekul; Augmented Reality; Virtuall Button; Android; UNITY

Full Text:

PDF

References


Suharsini, Maria., Saptarini, Dyah. 2007. Kimia dan Kecakapan Hidup. Bandung. Ganeca Exact.

Pragestu, Steven. 2015. Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Vol.1-2 h.8, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Guntoro, S Jiwandono., T. Arie Setiawan Prasida., Radius Tanone. (2013). Aplikasi Gamelan Menggunakan Virtual Button Pada Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan Uml (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman Vol 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License