Rancang Bangun Aplikasi Penyisipan Berita dengan Internet Content Adaptation Protocol

Agus Rahayadi, Heri Priyanto, Hengky Anra

Abstract


Teknologi penyebaran berita dilakukan dengan dua cara yakni melalui media online dan media offline, namun perkembangan banyak dilakukan pada media online. Media offline tidak banyak mengalami perkembangan dikarenakan penggunaan media offline dinilai terbatas pada ruang lingkup tertentu. Namun pada ruang lingkup tertentu seperti perkantoran sangat efektif menyebarkan berita melalui media offline. Sehingga perlu adanya pengembangan teknologi media offline, salah satunya yakni dengan pemanfaatan Internet Content Adaptation Protocol (ICAP). Maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan ICAP sebagai media penyisipan berita. Pengembangan metode ICAP dimaksudkan untuk mempermudah penyebaran informasi di suatu tempat yang memiliki jaringan area lokal. Penyisipan berita dilakukan dengan menginterupsi paket data yang akan dikirimkan ke klien, sehingga klien menerima tampilan yang sudah dimanipulasi dengan tambahan berita. Format berita yang ditampilkan di klien berupa banner yang berada pada bawah halaman yang diakses klien melalui jaringan internet. Aplikasi web dinamakan Web Integrated System e-Announcement (WISe) dibuat untuk pengaturan berita yang ditampilkan di klien. Aplikasi WISe merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat dengan pemograman PHP (Hypertext Preprocessor), sehingga admin dapat melakukan perubahan berita yang akan ditampilkan pada klien. Standar ISO 9126 diterapkan untuk melakukan pengujian sistem yang melingkupi pengujian Functionality, Reliability, Usability, Efficiency, Maintainability, dan Portability. Dari hasil pengujian di dapatlah hasil penelitian yang menunjukan bahwa aplikasi berjalan dengan baik dengan keamanan yang cukup tinggi dan berita berhasil tampil dengan baik pada browser yang berbeda lintas platform, namun dengan mengimplementasikan ICAP memakan waktu akses lebih lama dibandingkan tidak mengimplementasikan ICAP.


Keywords


Proxy, ICAP, Banner, Berita Elektronik, ISO 9126

Full Text:

PDF

References


Aguilar, Jose dan Ernst L. Leiss. (2004). An Adaptive oherence-Replacement Protocol for Web Proxy Cache Systems. Vol-8. Hal 001-014. Mexico: CIC-IPN.

Canali, Claudia, dkk. (2006). Content Adaptation Architectures Based on Squid. Vol-9. Hal 63-92. Belanda: Springer Science + Business Media, Inc.

Elson, J. dan A. Cerpa. (2003). Internet Content Adaptation Protocol (ICAP). Hal 01-49. USA: University of California, Los Angeles.

Mutaqin, Asep Fauzi. (2016). Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan. JUSTIN Vol-1 No 1. Hal 1-6. Universitas Tanjungpura, Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License