Sistem Informasi Kehadiran Dosen Mengajar dengan Menggunakan Sidik Jari pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura

Novia Kusumarani, Arif Bijaksana Putra Negara, Tursina Tursina

Abstract


Kehadiran dosen merupakan salah satu unsur pendukung kelancaran kegiatan mengajar mata kuliah. Kegiatan belajar mengajar tersebut disesuaikan dengan jadwal yang telah disepakati dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah direncanakan oleh Program Studi di setiap universitas. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah susunan rencana materi perkuliahan untuk setiap pertemuan mata kuliah dalam satu semester yang bertujuan untuk memenuhi capaian pembelajaran yang berisi kompetensi apa yang akan dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan tersebut. Pada proses belajar mengajar RPS berkaitan dengan kehadiran dosen, jika kehadiran dosen tidak sesuai dari target RPS yang telah direncanakan, maka capaian pembelajaran pada mata kuliah tersebut tidak maksimal. Untuk memaksimalkan ketercapaian RPS, pelaksanaan mengajar dosen perlu di-monitoring. Proses pendataan kehadiran dosen mengajar dan pengisian RPS di Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura masih dilakukan secara manual, dengan menggunakan selembar kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendata absensi dan me-monitoring jumlah kehadiran mengajar dosen bagi dosen, ketua program studi (kaprodi), dan ketua jurusan (kajur). Sistem dibangun berbasis web dan perancangan sistem mencakup perancangan arsitektur sistem, perancangan diagram alir sistem, perancangan Data Flow Diagram (DFD), Perancangan Entity Relationship Diagram (ERD), perancangan basis data dan perancangan antarmuka sistem. Pengujian sistem menggunakan 2 metode yaitu black box dan User Acceptance Test (UAT). Pada  pengujian black box, sistem dapat bekerja dengan baik dalam menangani suatu kemungkinan kesalahan, dan pada pengujian UAT berdasarkan total skor penilaian yang diperoleh dari 5 responden yakni 324, nilai tersebut berada di antara titik Kuartil III dan titik maksimal pada interpretasi LSR, sehingga dapat diketahui bahwa responden menilai bahwa aplikasi yang dibuat sangat positif dan berhasil. Berdasarkan hasil pengujian sistem informasi kehadiran mengajar dosen ini dapat digunakan untuk membantu proses pendataan absen dan me-monitoring jumlah kehadiran mengajar dosen serta ketercapaian RPS.


Keywords


Monitoring; Sistem Informasi Kehadiran; RPS; Web

Full Text:

PDF

References


Limbong, Tonni. 2012. Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mengajar Dosen. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Volume 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta. http://mwa.itb.ac.id/wpcontent/uploads/2014/06/permen_tahun2014_nomor049-STANDARNASIONAL-PENDIDIKAN-TINGGI.pdf.

Muhammad, Noval Aditya; Samopa, Febriliyan, dan Wibowo, Radityo Prasetianto. 2013. Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Vol. 2, no.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License