Analisis Perbandingan Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor dan Metode Dempster-Shafer pada Penyakit Kelinci

Ricky Hamidi, Hengky Anra, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh pakar. Dalam membangun sistem pakar, ada banyak metode yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah menyelesaikan masalah yang ada. Sebagai contoh, dalam mendiagnosis penyakit kelinci menggunakan sistem pakar, ada beberapa metode yang dapat digunakan, di antaranya adalah metode Certainty Factor dan metode Dempster-Shafer. Certainty Factor diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN. Certainty Factor merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Sedangkan Dempster-Shafer pertama kali diperkenalkan oleh Arthur P. Dempster. Dempster-Shafer adalah teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions dan plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Tujuan dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menganalisis perbandingan hasil diagnosis sistem pakar penyakit kelinci dengan menggunakan metode Certainty Factor dan metode Dempster-Shafer dengan cara membandingkan kesesuaian hasil diagnosis antara sistem dengan hasil diagnosis seorang pakar sehingga dapat diketahui metode manakah di antara kedua metode tersebut yang lebih baik dalam mendiagnosis penyakit kelinci. Berdasarkan hasil pengujian dengan tingkat keakuratan, didapat hasil bahwa nilai keakuratan metode Certainty Factor adalah 80 % sedangkan nilai keakuratan metode Dempster-Shafer adalah 85 % sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Dempster-Shafer lebih baik dibanding metode Certainty Factor dalam mendiagnosis penyakit kelinci di kota Pontianak.


Keywords


Sistem Pakar; Certainty Factor; Dempster-Shafer; Kelinci; Penyakit

Full Text:

PDF

References


Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Halim, Stephanie dan Hansun, Seng. 2015, Desember 10. Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis. ULTIMA Computing. Vol. VII, No. 2. Hlm. 59-69.

Wahyuni, Elyza Gustri., dan Prijodiprojo, Widodo. 2013, Juli 15. Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster Shafer. Vol 7, No. 2. Hlm. 133-144.

Aak, 1975, Pemeliharaan Kelinci. Yogyakarta : Kanisius.

Muhamad, Kanda Y. dan Kusumaningtyas, Pratiwi. 2013. Hewan Kesayangan. Jakarta : Penebar Swadaya.

Putra, Gusti Merdeka dan Budiana, NS. 2006. Kelinci Hias. Jakarta : Penebar Swadaya.

Sarwono, B. 2001. Kelinci Potong dan Hias. Jakarta : AgroMedia Pustaka

Kartadisastra, H.R. 1994. Beternak Kelinci Unggul. Yogyakarta : Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License