Rancang Bangun Game Sejarah Asal Usul Kota Pontianak Menggunakan RPG Maker

Muhammad Zulfikar, Rudy Dwi Nyoto, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang kaya akan sejarah dan budaya nya, seperti musik, pakaian adat khas Melayu serta cerita rakyatnya yaitu asal usul terbentuknya kota Pontianak. Penyampaian cerita rakyat tersebut saat ini masih disampaikan dengan menggunakan buku cerita yang sudah sulit dicari. Metode penyampaian ini juga mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk mengetahui cerita rakyat asal usul kota Pontianak. Pada penelitian ini dibuat aplikasi berbasis game RPG yang dibangun menggunakan RPG Maker VX Ace, ceritanya berdasarkan cerita rakyat asal usul kota Pontianak yang dimana pemain akan memainkan peran seorang tokoh Syarif Abdurrahman untuk menjalankan sebuah storyline yang telah ditentukan. Game dibuat berbasis 2 Dimensi. Game ini menambahkan unsurunsur kebudayaan kota Pontianak seperti musik khas melayu dan menjadi sebuah alternatif baru untuk masyarakat yang ingin mengetahui sejarah Kota Pontianak. Berdasarkan hasil pengujian, tombol kontrol pada aplikasi ini sudah berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 1614 yang berarti aplikasi ini diimplementasikan dengan sangat baik. 


Keywords


Game; Cerita Rakyat; Pontianak; RPG; RPG Maker VX Ace

Full Text:

PDF

References


Purbaya, J. Rio. 1992. Pontianak. Bandung: CV Pionir Jaya

Rollings, Andrew. dan Adams, Ernest. 2003. Andrew Rollings and Ernest Adams

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013.

Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Neuman, J.V. 1953. Theory of Games and Economic Behavior


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License