Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Berbasis Android (Studi Kasus : Pemilihan Ketua Organiasi di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura)

Raditya Prananda, Hengky Anra, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Voting merupakan sebuah metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Kegiatan voting yang secara luas dikenal oleh masyarakat adalah pemilu atau pilkada yang diselenggarakan oleh KPU, namun kegiatan voting sering pula dilakukan dalam skala yang lebih kecil contohnya pemilihan ketua organisasi di lingkungan fakultas teknik universitas tanjungpura yang masih di lakukan secara konvensional. Pemilihan secara konvensional memiliki beberapa kekurangan seperti proses yang lambat karena banyak persiapan yang harus dikerjakan sedangkan pengerjaannya masih dilakukan secara manual, besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk membiayai seluruh keperluan untuk melaksanakan voting, kurang akuratnya proses perhitungan suara dan pemilih dituntut untuk hadir secara langsung untuk memberikan hak suaranya. Dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mempermudah pelaksana voting dalam melaksanakan kegiatan voting dan pemilih untuk ikut berpartisipasi dan memberikan hak suaranya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi e-voting berbasis android untuk memfasilitasi partisipasi dan pelaksanaan kegiatan voting. Pengguna dapat berpartisipasi dalam kegiatan voting hanya dengan menggunakan smartphone Android yang terkoneksi dengan internet. Berdasarkan hasil implementasi, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android, mulai dari Android versi 4.3 (Jelly Bean) hingga Android versi 6.0.1 (Marsmallow). Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 1505 yang berarti aplikasi ini dirancang dan dibangun dengan sangat baik.

Keywords


Voting; Aplikasi E-Voting; Android; Pemilihan Ketua Organisasi

Full Text:

PDF

References


VoteHere Inc. April 2002. Network Voting Systems Standards. Public Draft 2. USA.

De Vuyst, B., & Fairchild, A. (2005). Experimenting with Electronic Voting Registration: the Case of Belgium. The Electronic Journal of eGovernment.

Centinkaya, O., & Centinkaya, D. (2007). Verification and validation issues in electronic voting. The Electronic Journal of e-Government.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Pujiutomo, M Wahyu. 2012. Penggunaan Algoritma SHA-256 Sebagai Pengganti Algoritma MD5 Pada IPSec. Malang: Universitas Dian Nuswantoro.

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. 2015. Undang-Undang Pemilihan Raya Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (UU PEMIRAMA KBM-FT UNTAN). Pontianak : Universitas Tanjungpura.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License