Rancang Bangun spinner Bahasa Indonesia Berbasis Web

Juanda op, Herry Sujaini, Muhamad Azhar Irwansyah

Abstract


Artikel merupakan sebuah tulisan lepas yang berisikan opini seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca. Kebanyakan orang sering salah mengetik tulisan di dalam artikel sehingga hasil publikasinya tidak dapat dimengerti oleh sebagian orang. Dengan aplikasi ini untuk menyampaikan informasi dan membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi tersebut dapat berupa Aplikasi Spinner Bahasa Indonesia, sehingga dapat dengan mudah digunakan dan dipahami baik oleh Mahasiswa maupun Masyarakat Umum. Dengan adanya aplikasi Spinner Bahasa Indonesia, diharapkan dapat memudahkan penulis untuk memilih kata-kata yang tepat dalam pembuatan artikel. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan proses spinning kalimat dalam sebuat artikel bahasa Indonesia. Sistem yang dibangun menggunakan metode Black Box yaitu Sample testing melibatkan beberapa nilai yang terpilih dari sebuah kelas ekuivalensi, mengintegrasikan nilai pada sinonim uji dan nilai-nilai yang terpilih mungkin dipilih  dengan urutan tertentu atau interval tertentu.spinner bahasa indonesia  dengan database yang terintegrasi. Berdasarkan hasil pengujian dan pengukuran skala hasil dari kuesioner dengan Likert’s Summated Rating menunjukkan bahwa aplikasi sangat positif dan dinilai berhasil. Sebanyak 43,33 % responden setuju dengan jumlah tanggapan sebanyak 52 tanggapan. Terdapat 20 tanggapan dengan persentase 16,67 % yang menilai sangat setuju dengan hasil persentase keluaran aplikasi dan sebanyak 41 tanggapan dengan persentase 34,17 % yang menilai cukup setuju dengan hasil persentase keluaran aplikasi. Namun selain responden sangat setuju, setuju dan cukup setuju dengan hasil persentase keluaran aplikasi, terdapat 2 tanggapan dengan persentase 1,67 % yang kurang setuju dengan hasil persentase keluaran aplikasi.


Keywords


Artikel, Spinning, Sample Testing, Black Box, Pengujian AspekRekayasa PerangkatLunak.

References


Junaedhi,Kurniawan.1991.Ensiklopedia PersIndonesia. Jakarta: PT.GramediaPustaka Utama

http://excess.com/pengertian-software-spinner.html

Kridalaksana, Harimurti.2001. kamus lingustik. Jakarta : PT Gramedia

S, Rosa A., dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Ridwan dan Susanto. 2007. Pengantar Statistik untuk Penelitian SosialEkonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode penelitian kunatitatif kualitatif dan R & D.Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License