PERANCANGAN APLIKASI RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) UNTUK PENGADAAN MATERIAL PEMELIHARAAN JALAN

Yandanika Yandanika, Rudy Dwi Nyoto, Muhamad Azhar Irwansyah

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memicu banyak kalangan untuk mencari alternatif pemecahan masalah di bidang teknologi informasi. Seiring perkembangan teknologi informasi data dapat diolah secara komputerisasi, sehingga dapat membantu memperlancar pekerjaan. Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak selaku instansi teknis di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak yang memiliki tugas dan fungsi berkaitan dengan pekerjaan konstruksi, salah satu program kegiatan pemeliharaan rutin jalan kota (swakelola) yang bertujuan untuk memperbaiki jalan rusak atau berlubang tersebar diseluruh Kota Pontianak. Dalam hal pemrosesan perbaikan dibutuhkan penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) perbaikan jalan tersebut, perhitungan dimulai dari analisa harga satuan pekerjaan yang dibuat dalam bentuk Bill of Quantity (BOQ), kemudian masih harus dijabarkan menjadi satuan bahan material, satuan upah untuk masing-masing pekerjaan jalan. Pada saat ini proses tersebut masih menggunakan Microsoft Office Excel, sehingga dalam proses penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) untuk satu ruas jalan memerlukan banyak file yang saling berhubungan dikarenakan data yang saling keterkaitan, hal ini dilakukan secara berulang-ulang untuk setiap ruas jalan lainnya, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk membantu pekerjaan tersebut maka dibangunlah suatu aplikasi dalam penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) dalam pengadaan material pemeliharaan jalan. Aplikasi yang dirancang terdiri dari dua interface, yaitu aplikasi desktop sebagai pengelolaan dan laporan data secara keseluruhan dan website sebagai sarana informasi laporan dan lokasi kegiatan. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox dan kuesioner terhadap 16 orang responden dengan nilai 942 berada pada range positif, hasil pengujian menunjukan aplikasi penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) dapat berjalan dengan baik. Aplikasi rencana anggaran biaya (RAB) yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alat bantu penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) bahan, dimana data dan informasi disimpan dan diolah kedalam sebuah database.

Keywords


RAB, Jalan, Bahan, Dekstop, Website.

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Kota Pontianak. 2014, Februari 3. Peraturan Walikota Pontianak Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Standar Harga Satuan Upah, Bahan,nalisa Biaya Konstruksi SNI dan Analisa E Kota Pontianak.

Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan.

Buku Panduan Teknik Pengelolaan Jalan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Tahun 2005.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, Dokumentasi Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan Kota Tahun Anggaran 2014.

Pressman,Ph.D. Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta. Andi.

Kadir, Abdul. 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta. Andi.

Edhy Sutanta, 2003, Sistem Informasi Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta

Pohan, Iskandar Husni, Kusnassriyanto Saiful Bahri; Pengantar Perancangan Sistem; Erlangga; Jakarta; 1997

Indriyawan, E.; Liasie, F. A., dan Sayugo, T. 2011. Mastering Delphi XE. Yogyakarta. Andi Publisher.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Alvi Fajar Purnama, 2007. Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) Berbasis Jaringan Client-Server, Universitas Komputer Indonesia Bandung 2007.

Setya Budiman, 2010. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan Pemrograman Bahasa Visual Borland Delphi 7.0 dan Database Mysql 4.0 untuk Bangunan Gedung dan Rumah Tinggal. Universitas Sebelas Maret Surakarta 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License