Rancang Bangun Aplikasi Mobile Pengontrol Robot Penyedot Debu Berbasis Android

Enry Firmana, Rudy Dwi Nyoto, Novi Safriadi

Abstract


Robot merupakan sebuah mekanik atau sekumpulanbahan-bahan yang disusun menjadi kerangka gerak atau dapatberpindah dengan dikendalikan oleh sistem elektronikterstruktur dan terintegrasi menjadi satu kesatuan yangmemiliki masukan melalui sensor serta keluaran berupa alatgerak seperti roda, kaki, lengan, dan lain-lain. Para peminatrobot dewasa ini semakin meningkat di berbagai kalangan usia.Mereka berlomba merancang robot sederhana dengan berbagaimacam kegunaannya seperti robot penyedot debu untukmembantu aktivitas rumah tangga yang dilengkapi omni wheelsebagai pendukung sistem gerak holomonic drive. Beriringandengan dengan meningkatnya peminat robotika, penggunasmartphone berbasis android juga meningkat dengan cepatbahkan hampir semua kalangan usia berinteraksi dengansmartphone. Sensor accelerometer dan bluetooth merupakan fituryang dimiliki smartphone berbasis android. Oleh sebab itu,penulis merancang aplikasi mobile berbasis android yangmemanfaatkan kedua fitur tersebut untuk dijadikan pengontrolgerak robot omni wheel penyedot debu sehingga memungkinkanrobot dikendalikan dengan smartphone berbasis android melaluikoneksi nirkabel bluetooth ke segala arah secara mendatarmengikuti perubahan koordinat pada sensor accelerometer. Aplikasi dirancang  agar dapat melakukan  koneksi antarabluetooth smartphone dengan modul bluetooth HC-05 pada robotomni wheel penyedot debu. Aplikasi mampu memanfaatkansensor accelerometer sebagai pengontrol gerak robot agar dapatbergerak ke segala arah. Aplikasi perlu dilengkapi mode kontrolmanual sebagai pengontrol gerak robot dengan menekan tombol.Pengujian fungsional aplikasi menggunakan metode black boxdan uji kompatibilitas dengan memasang aplikasi pada beberapaperangkat android yang beragam. Pemasangan aplikasi dapat diterapkan pada smartphonedengan OS v4.0 ke atas. Untuk melakukan pengontrolan gerakrobot, smartphone dengan robot sudah harus terhubung melaluikoneksi nirkabel bluetooth. Aplikasi dapat mengontrol gerakrobot omni wheel penyedot debu ke segala arah secara mendatardengan mode manual, yaitu mengontrol dengan menggunakantombol, atau mode accelerometer, yaitu mengontrol denganmemanfaatkan sensor accelerometer pada smartphone.  


Keywords


aplikasi mobile, robot omni wheel, smartphone, bluetooth, accelerometer.

Full Text:

PDF

References


Suwanda, Ivan.2014.Rancang Bangun Robot Omni Wheel Penyedot Debu Menggunakan Sensor Accelerometer Berbasis Mikrokontroler ATMega16.Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Pura, Dona Pramana.2013.Rancang Bangun Aplikasi Mobile Remote Control Berbasis Android pada Robot Lego Mindstrom NXT 2.0.Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Rizky.2011.Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak.Jakarta: Prestasi Pustaka Booch, Grady, dkk.1999.The Unified Modeling Language Reference Manual.Reading: Addison Wesley.




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26418/jstin.v4i2.13425.g12061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




View My Stats

Creative Commons License
Makalah JUSTIN dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License