Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya

Takhta Akrama Ananda, Novi Safriadi, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada berkembang pesatnya teknologi informasi di bidang edukasi, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran tata surya. Hal ini dikarenakan materi sistem tata surya sangat sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan dari AR adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3 Dimensi beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga Augmented Reality diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan planet-planet sistem tata surya yang mampu membuat pengguna tertarik. Pada penelitian ini digunakan Game engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Disertai dengan sebuah buku yang berisi marker yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar (SD), yang memperoleh materi dasar pembelajaran tata surya. Dari tiga hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menampilkan semua visualisasi objek 3D dan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari planet-planet di tata surya, serta penggunaan aplikasi yang dibangun mudah digunakan.

Keywords


Augmented Reality, Android, Planet, Tata Surya, UNITY

Full Text:

PDF

References


Anshori, Fata. 2014. Aplikasi “Ar-Gamelan†Sebagai Media

Pembelajaran Mengenal Gamelan Jawa Berbasis Augmented Reality

Pada Perangkat Mobile Android (Studi Kasus: Mi Ma’arif Nu 1 Pageraji).

Skripsi. Tidak dipublikasikan. Purwokerto: STMIK Amikom Purwokerto

Ardipa, Gede Sukra., Padna Nyoman Crisnapati., I Made Gede Sunarya.,

Nade Windu Abtara Kesiman. 2013. Augmented Reality Book

Pengenalan Barong Bali. Jurnal KARMAPATI. Vol 2. No 6.

Indrawaty, Youllia., M. Ichawan., dan Wahyu Putra. 2013. Media

Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan

Metode Augmented Reality(AR). Jurnal Itena Library, Vol.4-4 h.8,

Institut Teknologi Nasional Bandung, Bandung

Suhartanti, Dwi., Isnan Aziz Zulaikha., dan Yulinda Erma Suryani. 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat

Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Supardi, Yuniar. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer Android.

Jakarta: Alex Media Komputindo.

Roedavan, Rickman. 2014. UNITY Tutorial Game Engine. Bandung:

Informatika Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License