SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS DISMENORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Yovita Nurfarianti, Tursina Tursina, Anggi Srimurdianti Sukamto3

Abstract


Dismenore atau nyeri haid merupakan gangguan menstruasi yang banyak dialami para wanita usia produktif. Dismenore diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Sekarang ini dismenore sudah termasuk kedalam kondisi medis yang nyata dan perlu perhatian khusus, sebab diantara penyebab dari  dismenore adalah penyakit yang berhubungan dengan obstetri dan ginekologi yang berbahaya jika dibiarkan dan perlu penanganan atau pengobatan, namun masih banyak para wanita yang belum memiliki pengetahuan dasar dan kesadaran yang tinggi mengenai gangguan menstruasi dismenore dan bahayanya, serta mengalami keterbatasan waktu untuk melakukan konsultasi kepada dokter.  Sistem pakar yang berkembang saat ini dapat memungkinkan  suatu penyakit  dapat didiagnosis  lebih cepat dan akurat. Banyak metode yang digunakan dalam membangun sistem pakar, diantaranya adalah metode  klasifikasi  naive bayes. Penelitian ini menggunakan metode naïve bayes untuk klasifikasi seorang wanita menderita jenis dismenore primer atau dismenore sekunder.  Tujuan dari penelitian ini adalah mempermudah para wanita dalam mendiagnosis jenis dismenore yang diderita berdasarkan gejala yang dirasakannya menggunakan sistem pakar diagnosis dismenore,  serta memberikan saran penanganan  untuk gangguan  menstruasi dismenore sesuai hasil  diagnosis jenis dismenore yang diderita.  Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pengujian terhadap 10 data uji dengan 10 dan 20 data training didapat metode  naïve bayesmemiliki tingkat akurasi 90% serta tingkat akurasi 100% terhadap 10 data uji dengan 30 data training.

 


Keywords


Dismenore, sistem pakar, naïve bayes

Full Text:

PDF

References


IMCW. 2007. Dismenore (Nyeri Haid). ONLINE http://www.MyDinariraq.com, diakses 4 Juli 2015.

Dawood, MY. 2006. Primary Dysmenorrhea. The American College of Obstetricians and Gynecologistd(ACOG), vol.1, no.2, August, pp.428- 436.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramali, A. 2003. Kamus Kedokteran, Jakarta: Djambatan.

Badziad, A. 2003. Endokrinologi dan Ginekologi Edisi kedua. Jakarta : MediaAesculapius

Smeltzer, & Bare. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC [7] Turban, E. 1995. Decission Support System and Expert System. USA: Prentice Hall International Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License