Sistem Pakar Penentuan Jenis Kulit Wajah Wanita Menggunakan Metode Naïve Bayes

Regina Suci Wahyuningtyas, Tursina Tursina, Helen Sastypratiwi

Abstract


Kulit merupakan organ pada tubuh manusia yang memiliki luas paling besar dan terletak paling luar yang berperan penting bagi manusia dan menjadi aset utama dan prioritas bagi kaum wanita. Saat ini, kaum wanita sering menggunakan produk perawatan kulit wajah namun tidak didasari dengan pengetahuan dan pemahaman tentang jenis kulit yang dimiliki dan produk perawatan yang sesuai. Hal itu mengakibatkan banyak kasus kesalahan dalam pemilihan produk perawatan kulit wajah yang akhirnya merugikan kaum wanita itu sendiri. Oleh karena itu, pengetahuan analisa kulit wajah sangat diperlukan untuk menentukan jenis kulit serta produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit tersebut. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan dari seorang pakar dan dapat berperan layaknya pakar dalam menangani proses konsultasi. Dengan demikian, sistem pakar dapat menjadi salah satu solusi dalam menentukan jenis kulit wajah berdasarkan ciri kulit yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem pakar penentuan jenis kulit wajah wanita dengan menerapkan metode Naïve Bayes. Metode Naïve Bayes digunakan sebagai metode perhitungan dikarenakan metode Naïve Bayes dapat memperkirakan parameter yang diperlukan untuk klasifikasi dalam menentukan jenis kulit wajah apa yang dimiliki. Hasil keluaran dari sistem ini adalah jenis kulit yang dimiliki dan rekomendasi produk perawatan kulit wajah. Berdasarkan pengujian dengan 10 data uji terhadap 30 data latih didapat bahwa sistem yang dihasilkan dapat menentukan jenis kulit wajah dengan tingkat keakuratan sebesar 100% dan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem memiliki kriteria sangat valid.

 


Keywords


Analisa Kulit, Jenis Kulit, Naive Bayes, Rekomendasi Produk Perawatan Wajah, Sistem Pakar.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka Sukristiani, Dwi. 2014. Pengetahuan Tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah Dan Riasan Pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi Sarjana pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/download/4325/3390 diakses 20 april 2015.

Primadiati, Rachmi. 2001. Kecantikan, Kosmetika, Dan Estetika : Pedoman Instruksional Program CIDESCO Internasional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Klahr. P, dan Waterman. D. A,. 1986. Expert System Techniques, Tools and Applications, The Rand Corporation.

Kusumadewi. S. 2003. Artificial Intelligence, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Zhang, H. 2014. The Optimality of Naïve Bayes. FLAIRS2004 conference. http:/ / www. cs. unb. ca/ profs/ hzhang/publications/ FLAIRS04ZhangH. Pdf diakses tanggal 20 Agustus 2015.

Aribowo, T. 2009. Aplikasi Inferensi Bayes pada Data Mining terutama Pattern Recognition,. Skripsi. Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




View My Stats

Creative Commons License
Makalah JUSTIN dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License