Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai dengan Metode 360 Degree

Asti Ariesta Puteri, Tursina Tursina, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Bank Kalbar adalah lembaga keuangan berjenis perbankan daerah di Indonesia yang berpusat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Bank Kalbar memiliki sumber daya manusia yang bekerja untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kemajuan perusahaan sehingga mampu bersaing dengan lembaga keuangan berjenis perbankkan lainnya. Kualitas dari sumber daya manusia merupakan salah satu faktor dalam upaya meningkatkan kualitas suatu perusahaan yang diukur dengan penilaian kinerja pegawai. Penilaian kinerja Bank Kalbar menggunakan sistem penilaian berbasis kompetensi yang diukur oleh kompetensi pencapaian prestasi kerja yang dilakukan oleh pegawai dalam kelompok yaitu pejabat dan pelaksana, dimana didalam proses penilaian masih secara manual dan bersifat searah. Hal ini mengakibatkan proses penilaian terhadap pegawai memiliki hasil yang kurang maksimal dan rentan oleh peluang kesalahan dalam perhitungan hasil akhir penilaian kinerja pegawai kontrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai Bank Kalbar dengan menerapkan metode 360 degree. Saat ini sistem pendukung keputusan sudah digunakan dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam proses penilaian kinerja pegawai. Banyak metode yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan, salah satunya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 360 degree. Metode 360 degree adalah suatu metode penilaian kinerja pegawai untuk memperoleh penilaian dari segala arah, dari atasan, bawahan dan rekan kerjanya. Metode 360 degree menilai secara objektif dan juga merupakan suatu metode yang berdasarkan multi kriteria. Sistem ini akan menghasilkan nilai akhir dari penilaian kinerja pegawai Bank Kalbar berupa keputusan kelanjutan kontrak kerja pegawai kontrak atau tidak dapat melanjutkan kontrak kerja. Berdasarkan pengujian validasi terhadap 3 data kasus penilaian kinerja pegawai kontrak, sistem yang dihasilkan dapat menerapkan metode 360 degree dengan tingkat keberhasilan sistem sebesar 100 % dan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem dinilai sangat valid.

 


Keywords


Bank Kalbar, metode 360 degree, penilaian kinerja pegawai, sistem pendukung keputusan.

Full Text:

PDF

References


Ghorpade, j; & Chen, M. M. 1995. Creating Quality-Driven Performance Appraisal System. Academyof Management Executive, 9 (1); 32-39.

Dessler, Gary. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih bahasa: Eli Tanya. Penyunting Bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks.

Zainal,V.R., Ramly,M., Mutis,T., dan Arafah.W. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Depok : PT.Raja Grafindo Persada.

Mathis, R. L., dan Jackson ,J.H. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, buku 1 dan buku 2, Terjemahan, Jakarta:Salemba Empat.

Sprague, R. H. 1982. Building Effective Decision Support System. Grolier, New Jersey.

Alter, Steven. 2002. Information System : Foundation of E-Business. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Antonioni, D. 1996. Designing an effective 360-degree appraisal feedback process, Organizational Dynamic, Autumn.

Taroreh, A. 2014. Decision Support System Feasibility of Tourism Resort in Poso District used 360 Degree Method. Jurnal. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana. Volume:XI, Issue:2, No:1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




View My Stats

Creative Commons License
Makalah JUSTIN dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License