RANCANG BANGUN APLIKASI PENENTU DAYA TERIMA PRODUK PANGAN DENGAN METODE FRIEDMAN- CONOVER

Meilani Mega Juita, Tursina Tursina, Helen Sastypratiwi

Abstract


Pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia dalam  mempertahankan kehidupannya. Kebutuhan terhadap pangan juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Sayangnya, hingga kini industri pangan Indonesia belum tergarap optimal. Pontianak sebagai bagian dari Indonesia juga mengalami permasalahan  tersebut. Peluang pemasaran produk pangan tergantung dari daya terima konsumen terhadap produk tersebut. Daya terima suatu produk memberi gambaran apakah produk yang dihasilkan dapat disukai konsumen. Daya terima suatu produk pangan dapat dilakukan dengan  melakukan beberapa uji yang dimulai dari uji kesukaan. Hasil uji kemudian ditabulasikan dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan metode uji Friedman yang disempurnakan oleh Conover (1999). Hasil keseluruhannya harus akurat dan teliti. Selama ini,pengujian di laboratorium organoleptik di Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Pontianak dilakukan manual atau dengan menggunakan Microsoft Excel yang memiliki beberapa kelemahan dalam menangani paket data statistik sehingga diperlukan aplikasi yang  dapat mengolah data penilaian uji kesukaan dan mengatasi kelemahan Microsoft Excel dalam analisis data statistik. Hal ini yang melatarbelakangi rancang bangun aplikasi penentu daya terima produk pangan dengan metode Friedman-Conover. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimasikan proses uji yang selama ini dilakukan dengan manual. Aplikasi yang dirancang akan memberikan hasil daya terima, perlakuan mana yang memberi pengaruh, dan produk dengan perlakuan mana yang lebih disukai. Pengujian validitas sistem dengan perhitungan manual memberikan hasil yang sama dengan perhitungan aplikasi dengan nilai keakuratan 100% sehingga dapat disimpulkan aplikasi dapat menentukan daya terima produk pangan dengan metode Friedman-Conover.

 


Keywords


pangan, uji kesukaan, daya terima, metode Friedman-Conover, rancang bangun aplikasi

Full Text:

PDF

References


oldwater, Eva. 2007. Using Excel for Statistical Data Analysis -Caveats. Amherst: Biostatistics Consulting Center University ofMassachusetts School of Public Health.

Saprianto, Cahyo dan Diana Hidayati. 2006. Bahan TambahanPangan. Yogyakarta: Kanisius.

Soekarto, Prof. Dr. Soewarno T. 1985. Penilaian Organoleptikuntuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian. Jakarta: PenerbitBhatara Karya Aksara.

Sulaiman, Wahid. 2003. Statistik Non-Parametrik Contoh Kasusdan Pemasalahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Conover, W. J. 1999. Practical Nonparametric Statistics, ThirdEdition. New York: John Wiley & Sons.

Daniel, W. W. 1989. Statistik Nonparametrik Terapan. Jakarta: P.T. Gramedia.

Aczel, Acmir D. 1998. Complete Business Statistics. New York:McGraw-Hill/Irwin.

Mason, D., Lind, A., Soetjipto, Widyono, dkk. 2003. TeknikStatistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License