Perancangan Multimedia Pembelajaran IPA Biologi Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa SMP dengan Computer Assisted Instruction (CAI)

Nurmala Novitasari, Hengky Anra, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Proses pembelajaran di sekolah saat ini masih berpusat pada guru dimana guru yang berperan aktif di dalam kelas. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru memiliki ciri bahwa pengelolaan pembelajaran ditentukan sepenuhnya oleh guru. Berdasarkan hasil observasi pra-penelitian terhadap nilai kelas IX pada materi IPA semester ganjil, materi IPA Biologi yang termasuk sulit untuk dipahami adalah Sistem Ekskresi. Dalam pembelajaran, penggunaan komputer dalam pemanfaatan teknologi memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran secara individual (individual learning) dengan menumbuhkan kemandirian dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan pemanfaatan teknologi komputer yang dapat membantu siswa dalam belajar, salah satunya yaitu aplikasi multimedia pembelajaran dengan Computer Assisted Instruction (CAI) atau pembelajaran dengan bantuan komputer. Multimedia pembelajaran dengan CAI ini bertujuan untuk membantu siswa mempelajari materi IPA Biologi, khususnya materi Sistem Ekskresi. Model CAI yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu tutorial dimana aplikasi berisi penjelasan materi, latihan dan evaluasi sehingga guru dapat melihat nilai dari masing-masing siswa. Hasil dari perancangan ini yaitu terbentuknya multimedia pembelajaran berbasis client-server yang dibangun dengan software Adobe Flash dan diimplementasikan ke aplikasi serta dapat diakses melalui web browser pada masing-masing komputer pada laboratorium komputer. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran dengan CAI dapat membantu siswa SMP dalam mempelajari mata pelajaran IPA Biologi materi Sistem Ekskresi dan efektivitas metode belajar dengan CAI lebih baik dari metode belajar manual. Berdasarkan pengujian validasi ahli media, persentase keidealan aplikasi sebesar 78,57% dengan kategori baik dan berdasarkan pengujian validasi oleh ahli materi, persentase keidealan aplikasi sebesar 86,9% dengan kategori baik.

 


Keywords


biologi, CAI, ekskresi, multimedia, tutorial

Full Text:

PDF

References


Anderson, Ronald H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran (terjemahan Yusufhadi Miarso, dkk). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy. Third Edition. McGrawHill. International Edition: New York.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Simonson, M. R. dan Thompson, A. 1994. Educational Computing Foundation. New York: Macmilan Publishing Company.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Vaughan, Tay. 2004. Multimedia: Making It Work. Edisi keenam. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License