PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP

Suriyana Suriyana, M Rif at, Zubaidah Zubaidah

Abstract


 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Contextual Teaching end Learning (CTL) pada materi kubus SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Sedangkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang akan dideskripsikan meliputi kelayakan LKS, efektifitas LKS ditinjau dari hasil belajar siswa, dan kepraktisan LKS ditinjau dari respon siswa Intrumen yang dilakukan dalam penelitian ini (1) lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media (2) soal posttest atau lembar hasil belajar untuk (3)lembar angket respon siswa untuk. Berdasarkan hasil evaluasi pengembangan LKS hasil evaluasi dari ahli mediamemperoleh rata-rata skor 4, sehingga LKS dinyatakan layak.Hasil posttestmenunjukkan bahwa persentase ketuntasan yaitu 78%, sehingga LKS berbasis kontektual pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dapat dikatakan efektif. Sedangkan LKS yang dikembangkan memperoleh skordari angket respon siswa sebesar 3,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis kontektual yang dikembangkan memenuhi kriteria layak, dapat digunakan sebagai bahan ajar yang baik.

 

Kata Kunci: LKS berbasis Pendekatan Contextual Teaching end Learning (CTL), Hasil  Belajar


Full Text:

Untitled

References


Adjie, Nahrowi, dan Maulana. 2009. Pemecahan Masalah Matematika.

Bandung: UPI PRESS.

Agus Suprijono. 2012 Cooveratife Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sani Ridwan Abdullah. 2013.Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Setyosari, Punaji. 2010.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Konstektual ( countextual teaching and Learning ) di Kelas, Jakarta: Cerdas Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.