PEMETAAN ZONASI GEOTEKNIK DI KOTA PONTIANAK BERDASARKAN DATA KONSISTENSI DAN SIFAT-SIFAT TANAH DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

. Naim, Eka Priadi, . Aprianto

Abstract


Kota Pontianak terletak di delta Sungai Kapuas. Jenis tanahnya sebagian besar berupa gambut bekas endapan lumpur sungai Kapuas atau tanah lunak. Tanah lunak adalah tanah yang tidak memiliki daya dukung yang cukup untuk menahan beban yang diberikan di atasnya, sehingga sering terjadi masalah atau kesulitan dalam pembangunan infrastruktur pada tanah lunak. Pemetaan zonasi lapisan tanah akan memberikan informasi awal kepada para pelaksana teknik sipil atau bidang lainnya dalam memilih dan mendesain fondasi, oleh sebab itu sangat penting untuk diteliti bagaimana kondisi lapisan tanah dari permukaan hingga tanah keras.

Pemetaan zonasi geoteknik ini berdasarkan data sekunder yaitu hasil pengujiaan lapangan dan pengujian laboratorium yang diperoleh dari Laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak hingga tahun 2016. Pengujian lapangan yaitu data sondir terdiri dari 74 titik dan data bor dalam terdiri dari 41 titik, sedangkan pengujian laboratorium terdiri dari kadar air, berat volume, kohesi dan sudut geser dalam. Pemetaan konsistensi tanah dengan Sistem Informasi Geografis pada kedalaman 4 m, 8 m, 12 m, 18 m, 20 m, 24 m, 30 m dan 35 m.

Pemetaan konsistensi tanah dapat dijelaskan bahwa pada kedalaman 0,00-18,00 m lapisan tanah didominasi konsistensi sangat lunak dan lunak, 18,00-24,00 m lapisan tanah didominasi konsistensi sedang hingga kaku, 24,00-30,00 m lapisan tanah didominasi kaku dan sangat kaku, 30,00-35,00 m lapisan tanah didominasi keras. Tren hubungan propertis tanah terhadap kedalaman antara lain kadar air; semakin dalam nilai kadar air semakin berkurang, berat volume; semakin dalam semakin meningkat, kohesi dan sudut geser dalam kedalaman 0-24 m semakin dalam semakin meningkat, sedangkan pada kedalaman 30 m mengalami penurunan. Lapisan tanah keras pada Kecamatan Pontianak Barat dan Pontianak Kota semakin kearah sungai Kapuas semakin dalam, pada kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara semakin ke arah Sungai Kapuas semakin dangkal, sedangkan dari hilir ke hulu lapisan tanah keras semakin dangkal.

 

Kata kunci: Pemetaan, zonasi, sondir, bor dalam, SIG, konsistensi, propertis tanah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.