KAJIAN PENGARUH JEMBATAN KAPUAS TERHADAP LALU LINTAS AIR MAUPUN DARAT DI KOTA SINTANG

Etty Apriyanti

Abstract


AbstrakPembangunan Jembatan Kapuas di Kota Sintang beserta jalanaksesnya memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan wilayah danpertumbuhan ekonomi di Kota Sintang. Hal ini menyebabkan meningkatnya aktivitas penduduk, baik untuk kepentingansosial, pendidikan maupun kepentingan lainnya, sehingga kebutuhan akan transportasi juga terusmeningkat. Akibatnya, volume lalu lintas yang melewati jembatan dan jalan aksesnya akan terusmeningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi sebagai akibat dioperasionalkannyaJembatanKapuas Sintang terhadap lalu lintas air maupun lalu lintas darat di Kota Sintang. Kajiandilakukan dengan membuat model persamaan perhitungan produksi bangkitan volume lalu lintas air dan lalu lintas darat di Kota Sintang menggunakananalisis regresi berbasis zona dengan asumsi data variabel tetap (Y)adalah volume lalu lintas air dan lalu lintas darat, sedangkan data variabelbebas (X) adalah data sosio-ekonomi. Dari model terpilih kemudian dilakukan estimasi bangkitan lalu lintas untuk tahun2016, 2021, 2026 dan 2031. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahunvolume lalu lintas air maupun lalu lintas darat di Kota Sintang terus mengalami peningkatan denganadanya JembatanKapuas. Faktor yang paling dominan mempengaruhi aktivitas lalu lintas airadalah perusahaan perdagangan. Pusat perdagangan yang terletak di wilayahSungai Durian menyebabkan masyarakat dari wilayah Kampung Raja lebih memilihuntuk menggunakan transportasi air untuk mencapai tujuannya karena jaraktempuhnya lebih pendek dibandingkan apabila menggunakan transportasi darat.Sedangkan lalu lintas darat dominan dipengaruhi oleh faktor kepadatan penduduk.Adanya Jembatan Kapuas membuka akses darat dari dan menuju ke wilayah KampungRaja yang sebelumnya terpisah dengan wilayah lainnya di Kota Sintang sehinggawilayah ini semakin mudah dikunjungi oleh masyarakat kota Sintang. Akibatnya, kepadatan penduduk diwilayah tersebut meningkat sehingga meningkatkan pula lalu lintas darat yangmelintasi JembatanKapuas. Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarikkesimpulan bahwa dengan adanya Jembatan Kapuas, volume lalu lintas yang melalui Jembatan Kapuas dan jalanaksesnya akan terus meningkat sehingga disarankan pada pemerintah untukmemprogramkan pembangunan jembatan baru yang menghubungkan antara wilayahKampung Raja dan Sungai Durian, sehingga terdapat jalur lingkar yang salingberhubungan antara wilayah Sungai Durian Tanjung Puri Kampung Raja.Hal ini bertujuan agar arus lalu lintas darat dari dan menuju wilayah KampungRaja menjadi terbagi, tidak hanya tertumpu pada Jembatan Kapuas dan JembatanMelawi serta jalur aksesnya.Kata-kata kunci: lalu lintasair, lalu lintas darat, transportasi, regresi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtst.v13i1.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

 

Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :

http://www.mevjournal.com/mevfiles/indexers/04-ipi.png     

ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)

Published by :

Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University

Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: [email protected]

CP: 081256123030-085245045025

Visitor CounterJurnal Teknik Sipil

In its management and publication, this Civil Engineering Journal collaborates with:

1. Masyarakat Hidrologi Indonesia

2. Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT)

 












 

 

 

 

 

 

  MAPS: