Pengaruh Faktor Harga, Selera dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Kain Corak Insang di Kota Pontianak

Audina Rade Margaretha Sirait, Riadi Budiman, Ade Muazty Deka

Abstract


Kain corak insang merupakan salah satu jenis kain yang menjadi ciri khas dari Kota Pontianak. Kain ini sering ditemukan di pusat oleh-oleh di daerah Jalan Pattimura. Kain ini biasa digunakan pada hari ulang tahun Kota Pontianak. Berbagai dinas, instansi ataupun sekolah menggunakan kain corak insang tersebut. Namun beberapa tahun terakhir, penjualan kain corak insang menurun berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada beberapa penjual kain corak insang. Dari penurunan hasil jual tersebut mengakibatkan keuntungan penjual juga menjadi menurun.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui perilaku pembeli dalam membeli suatu produk. Melalui hasil studi literatur diketahui bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk yaitu harga, selera dan kualitas. Metode yang akan digunakan untuk mengetahui pengaruh dari faktor tersebut yaitu dengan metode regresi linier berganda. Adapun pemilihan metode regresi linier berganda yaitu karena pada faktor independen nya lebih dari satu yaitu harga, selera dan kualitas. Penelitian ini juga akan menggunakan bantuan software SPSS 22.0 dan data akan diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah membeli kain corak insang.

Hasil penelitian dengan menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor harga, selera dan kualitas memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil tersebut dikuatkan dengan uji hipotesis simultan dan uji hipotesis parsial. Hasil dari pengujian hipotesis uji F (uji simultan) dimana nilai F hitung > F tabel (63,305 > 2,699) dengan nilai sig. < α (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Pada uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa faktor harga,selera dan kualitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan pada uji hipotesis parsial diketahui bahwa variabel bebas (harga, selera dan kualitas) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian).  

 

Kata Kunci: Harga, Kain Corak Insang, Keputusan Pembelian, Kualitas, Regresi Linier Berganda, Selera.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.