STRATEGI DIFERENSIASI DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI UMKM DIGITAL I SUN VERA
Abstract
Agroindustri di Indonesia selalu berkembang seiring dengan adanya perkembangan didalam ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya yang ada di Pontianak adalah UMKM I Sun Vera. Usaha ini dirintis oleh Sunani mulai pada tahun 2004 dengan memproduksi olahan dari lidah buaya seperti jelly, dodol, keripik, kue, teh dan lainnya. Agar tetap bertahan di pasar tentunya perusahaan melakukan berbagai cara atau strategi dalam memelihara eksistensinya. Strategi yang dilakukan salah satunya yaitu dengan menerapkan stratagi diferensiasi dan diversifikasi produk.
Diferensiasi adalah strategi untuk melakukan suatu usaha/tindakan untuk membuat kerangka atau merancang satu set perbedaan dipergunakan untuk memilah dan membedakan penawaran perusahaan dan penawaran pesaing sedangkan Diversifikasi strategi untuk melakukan suatu usaha untuk mencari dan mengembangkan produk dan pasar yang terbaru, atau bias keduanya, dalam rangka meraih dan mengejar pertumbuhan, pertambahan/peningkatan, fleksibelitas, dan profitabilitas. Kedua stategi di atas diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian sehingga penjualan tetap positif. Adapun metode yang dilakukan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh diferensiasi dan diversifikasi terhadap keputusan dilakukan dengan menggunakan analisa metode Regresi linear berganda.
Penelitian ini mendapatkan hasil berupa adanya pengaruh variabel diferensiasi yang berdampak positif tapi berdampak kurang mendapatkan hasil yang baik terhadap keputusan pembelian. Dapat dilihat dari angka signifikansi yang bernilai sebesar -0,295 < 0,05 sedangkan hasil t hitung sebesar 1,052 < t table 1,9488 dan diversifikasi berpengaruh signifikan dan positif kepada keputusan pembelian. Dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,00014 < 0,05 sedangkan angka nilai t hitung sebesar 5,131 > t table 1,9488. Selain pengaruh setiap variabel terjadi juga pengaruh simultan secara bersamaan antara variabel diferensiasi dan diversifikasi terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Agroindustri, Analisis Linier Berganda, Diferensiasi, Diversifikasi, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.