STRATEGI BERSAING RUMAH MAKAN NON HALAL DI KOTA PONTIANAK DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY (Studi Kasus RM Nasi Ayam GM)

Emerensiana Eva Indira

Abstract


RM nasi Ayam GM merupakan salah satu rumah makan non halal yang ada di Kota Pontianak. Saat ini, sebagian besar rumah makan non halal yang ada di Kota Pontianak masih menggunakan strategi dan konsep yang sama. Untuk menghindari kondisi persaingan yang ada, pihak RM Nasi Ayam GM perlu menciptakan strategi baru agar dapat keluar dari kompetisi atau yang disebut red ocean

Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi bersaing yang tepat bagi RM Nasi Ayam GM. Perumusan strategi dilakukan melalui pendekatan blue ocean strategy dengan menggunakan tiga alat analisis yaitu kanvas strategi, keranka kerja empat langkah dan kerangka enam jalan. Kanvas strategi digunakan untuk melihat penawaran yang dilakukan pada faktor kompetisi yang ada saat ini. Kerangka kerja empat langkah digunakan untuk mencitakan kurva nilai baru, sedangkan kerangka kerja enam jalan digunakan untuk menciptakan penawaran baru melalui enam alternatif industri.

Hasil peneilitan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa strategi bersaing yang tepat bagi usaha rumah makan Nasi Ayam GM adalah dengan merekrontruksi batasan pasar melalui lima alternatif jalan yaitu mencermati industri alternatif, rantai pembeli, kelompok strategis, penawaran produk dan jasa pelengkap, serta daya tarik fungsional-emosional bagi pembeli dan mencermati waktu. Perumusan strategi juga dilakukan dengan meningkatkan tampilan papan nama yang menarik dan konsep khas rumah makan, serta menciptakan metode pembayaran non tunai, papan nama yang mencantumkan keterangan non halal dan menyediakan keterangan bahan atau ingredient pada menu makanan, packaging makanan dan minuman dan membuat menu baru dengan harga terjangkau serta melampirkan sertifikat veteriner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rumusan strategi bersaing yang tepat bagi RM Nasi Ayam GM terlah memenuhi tiga kriteria blue ocean strategy yaitu fokus, divergensi atau gerak menjauh, dan moto yang memikat.

Kata kunci: Rumah Makan Non Halal, Blue Ocean Strategy, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah, Kerangka Kerja Enam Jalan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.