KAJIAN DAYA KELUARAN DARI KETIDAKHARMONISAN MODUL FOTOVOLTAIK TERHADAP TEMPERATUR RUANG DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI

Uray Redo Pebryan Pratama .

Abstract


Abstrak - Energi matahari merupakan energi alternatif pembangkit listrik untuk menggantikan energi fosil yang ketersediaannya sudah sangat terbatas. Skripsi ini membahas tentang meng-kombinasikan modul fotovoltaik Solar World dengan modul fotovoltaik Sun Earth yang nilai arus dan tegangan berbeda (tidak harmonis) pada kondisi pengujian standar.

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran langsung temperatur ruang menggunakan alat ukur Weather Center PCE-FWS 20 dan intensitas cahaya matahari menggunakan alat ukur Solar Power Meter TM-206 pada tanggal 10 April 2014 sampai dengan 09 Mei 2014 di Gedung Pusat Studi Energi Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak.

Besar daya keluaran selama satu bulan dari ketidakharmonisan modul fotovoltaik Solar World dengan modul fotovoltaik Sun Earth adalah 54.530,65 Watt, dari nilai daya keluaran diketahui nilai penurunan daya nonimal rata-rata selama satu bulan yaitu sebesar 63,60 %. Besar energi selama satu bulan dari ketidak-harmonisan modul fotovoltaik Solar World dengan modul fotovoltaik Sun Earth adalah 41.744,49 Watt Hour, dari nilai energi diketahui juga nilai dari efisiensi daya rata-rata selama satu bulan yaitu sebesar 7,03 %.

Kata kunci: modul fotovoltaik, intensitas cahaya matahari, temperatur ruang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:
Editor Jteuntan, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan