ANALISIS TEKNO EKONOMI PERBANDINGAN QUAY CONTAINER CRANE (QCC) No.03 DENGAN SUMBER ENERGI DARI GENSET DAN No.04 DENGAN SUMBER ENERGI LISTRIK PLN

BERLIAN ADHIGUNA .

Abstract


Pelabuhan merupakan gerbang ekonomi  masyarakat sekaligus fasilitas publik yang memiliki peran vital. Pembaruan fasilitas pelabuhan berupa peralatan Quay Container Crane (QCC) sangat dibutuhkan untuk memenuhi perkembangan arus pengiriman barang dalam bentuk petikemas. Skripsi ini akan membahas tentang perbandingan alat QCC No.03 dengan sumber energi Generator Set (genset) yang merupakan tipe lama dan alat QCC No.04 dengan sumber energi listrik dari PLN yang merupakan tipe baru. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah perbandingan perhitungan energi yang digunakan masing – masing alat dalam satu siklus kerja dan analisis ekonomi teknik keduanya dengan metodologi perhitungan Net Present Value (NPV) kedua alat.

            Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis kedua alat QCC No.03 dan No.04 dapat diketahui bahwa untuk performa teknis keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini disebabkan karena memiliki spesifikasi yang sama. Energi yang dibutuhkan untuk satu siklus kerja sama namun biaya yang dibutuhkannya berbeda, dimana untuk alat QCC No.03 membutuhkan Rp. 11.830 dan alat QCC No.04 membutuhkan Rp. 11.400. Berdasarkan hasil perhitungan biaya tersebut, maka hasil perhitungan NPV keduanya memiliki nilai positif, NPV alat QCC No.04 sebesar Rp.165.090.063.540 lebih besar daripada NPV alat QCC No.03 Rp.163.344.234.675 Maka dapat disimpulkan bahwa investasi dan penggunaan alat QCC No.04 lebih layak.

 

Kata kunci: QCC, Container Crane, Perbandingan QCC dengan genset dan listrik, Analisis ekonomi teknik, NPV.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:
Editor Jteuntan, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan