PERANCANGAN ALAT PENGHITUNG PENGGUNAAN DAYA LISTRIK PADA LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM BERBASIS SENSOR ARUS DAN MIKROKONTROLER

Kharsya Noviandi .

Abstract


Pemantauan terhadap pemakaian energy listrik diperlukan untuk mengurangi pengunaan daya energi listrik berlebihan, untuk itu perlu adanya instrument pengukur Wattmeter yang dapat monitoring pengunaan daya energi listrik, batasan penggunaan daya dan proteksi daya listrik. Pada penelitian ini, dirancang sebuah sistem alat ukur yang mempunyai sistem pengukuran daya monitoring pada satu alat dan dapat disambungkan dengan alat komunikasi melalui perangkat tambahan yang dapat mengirimkan informasi penggunaan daya dari hasil pengukuran pada alat ukur. Yaitu dengan memanfaatkan sebuah sensor hall effect ACS 712 untuk mengukur arus listrik dengan kontrol menggunakan microcontroller ATmega16 dan suatu software Bascom AVR.

Untuk melihat hasil monitoring penggunaan daya ditampilkan pada layar LCD. Secara otomatis memperlihatkan proses kinerja alat mulai dari nilai arus yang terukur oleh sensor juga perhitungan sistematis penggunaan daya yang terpakai oleh beban berupa lampu. Sistem yang dirancang melakukan pengukuran besarnya daya listrik yang dipakai oleh beban lalu mengkalkulasikan berapa banyak daya yang terpakai tersebut pada tempo nyala beban sehingga menghasilkan pengukuran yang akurat dan berkesinambungan.

 

Kata Kunci : Penghitung penggunaan daya, Sensor arus, Monitoring, Atmega16

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.