Studi Kekuatan Dielektrik Pada Bahan Campuran Abu Sekam Padi Dengan Resin Epoksi

Eki Indra .

Abstract


Abstrak isolasi memiliki peranan sangat penting dalam sistem tenaga listrik. Maka material isolasi polimer jenis resin epoksi merupakan suatu alternatif baru dalam penggantian porselin dan gelas. Resin epoksi memiliki kelebihan dibandingkan bahan isolator porselin dan gelas yaitu rapat massa lebih rendah dibandingkan porselin dan gelas serta pembuatanya tidak memerlukan energi besar.

Komposit adalah gabungan antara bahan atau pengikat yang diperkuat. Bahan ini terdiri dari dua bahan penyusun, yaitu bahan utama pembentuk matrik dimana pengisi ditanamkan di dalamnya. Bahan pengisi dapat berbentuk serat, partikel, serpihan atau juga dapat berbentuk lain.

Terkait dengan adanya pengamatan menujukan penurunan kuat medan tembus bidang epoksi resin ketika diberi filler silika dari abu sekam padi, bahwa telah terjadi polimerisasi tidak sempurna dari epoksi resin ketika bereaksi dengan hardener. Adanya silika telah membuat sampel uji menjadi lebih kaku, yaitu dengan terjadi proses sementasi pada sampel. Proses sementasi ini terjadi karena adanya unsur air bereaksi dengan silika.

Kata kunci : Resin epoksi, silika, tembus bidang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:
Editor Jteuntan, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan