PERANCANGAN SISTEM DATA LOGGER DILENGKAPI MMC SEBAGAI PENCACAH BUTIR TELUR AYAM BERBASIS MICROCONTROLLER ATMEGA328P

Suriansyah .

Abstract


ABSTRAK

Diharapkan Perancangan Alat Penghitung Telur  Secara otomatis ini dapat membantu mengatasi masalah peternak, dimana  hasil perhitungan jumlah butir telur  tersebut akan disimpan didalam memori MMC sehingga pemilik ternak dapat dengan mudah mengetahui dan menganalisa hasil produksi telur.

Alat ini terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian pemancar (transmitter) dan bagian penerima (Receiver), dimana bagian pemancar terdiri dari : Sensor, Microcontroller ATmega328P, Modulator ASK dan Pemancar AM. Sedangkan pada bagian penerima terdiri dari: Penerima AM, Demulator ASK, Microcontroller ATmega328P dan Multimedia card (MMC).

Alat akan bekerja 24 jam penuh, Proses penyimpanan data jumlah butir telur ayam dilakukan setiap sensor membaca adanya telur ayam yang melewati sinar laser, tampilan 7 ruas merupakan tampilan counter dari total jumlah butir telur, proses penyimpanan data didalam MMC berformat file .txt dan alat akan restart pada apabila memori dilepas, sensor akan memberikan input data pada microcontroller jika sensor dilalui oleh telur, microcontroller akan mengontrol sensor mana yang memberikan input, lalu dimodulasi dengan modulator ASK dan dikirimkan dengan menggunakan pemancar AM. Data yang dipancarkan oleh pemancar diterima oleh penerima dengan menggunakan penerima AM dan didemodulasi dengan menggunakan demodulator ASK. Langkah berikutnya microcontroller menunggu output sensor pendeteksi telur ayam berlogika 0, jika berlogika 0 maka microcontroller akan melakukan proses pembacaan data RTC DS1307, data hasil pembacaan RTC tersebut disimpan dalam variabel yang sebelumnya telah disediakan, Kemudian nilai counter telur ditambahkan dengan 1, selanjutnya data-data pada variabel RTC dan counter tersebut di simpan dalam MMC. Jika data dari sensor telur berlogika 1 yang berarti tidak ada telur yang terdeteksi maka microcontroller akan menampilkan data counter jumlah butir telur pada 7 ruas.

Kata Kunci : counter, MMC, Microcontroller


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:
Editor Jteuntan, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan