Studi Keanekaragaman Mikoriza Vesikular Arbuskular Pada Beberapa Tipe Pemanfaatan Lahan Kering di Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi

Yulio Sirat, Ismahan Umran, Riduansyah Riduansyah

Abstract


Mikoriza adalah suatu bentuk simbiosis antara akar tanaman dengan jamur. Dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan seperti temperatur tanah, kadar air tanah, pH tanah, bahan organik, intensitas cahaya dan tanaman inang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis dan populasi Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) pada beberapa tipe pemanfaatan lahan kering di Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi.Variabel yang diamati meliputi keanekaragaman jenis Mikoriza Vesikular Arbuskular, jumlah spora, vegetasi dominan dan analisis tanah. Hasil isolasi diperoleh 273 spora/100 g tanah pada Ladang, 231 spora/100 g tanah pada Semak Belukar, 61 spora/100 g tanah pada Karet dan 62 spora/100 g tanah pada Hutan Sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mikoriza Vesikular Arbuskular ditemukan pada semua sampel tanah dengan tipe pemanfaatan lahan kering.

Kata kunci : Keanekaragaman, Mikoriza Vesikular Arbuskular, Tipe pemanfaatan lahan ladang, semak belukar, karet dan hutan sekunder, Kabupaten Melawi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.