PENGARUH PUPUK KOTORAN ITIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA DI TANAH GAMBUT

abdul rahmat, Eddy Santoso, Yeti Rohayeti

Abstract


Pemanfaatan tanah gambut untuk tanaman selada terkendala pada beberapa faktor pembatas yaitu sifat kimia dan biologi yang kurang baik. Salah satu usaha untuk mengatasi masalah pada tanah gambut adalah dengan pemberian pupuk kotoran itik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis terbaik pupuk kotoran itik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada di tanah gambut.
Penelitian dilaksanakan di lahan kosong terletak di Jalan Parit Haji Husen I Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. Penelitian berlangsung selama dua bulan dari tanggal 1 Agustus 2013 sampai dengan 20 September 2013. Metode penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari enam taraf perlakuan, empat kali ulangan dan setiap perlakuan terdapat tiga tanaman sampel. Perlakuan yang diberikan yaitu pemberian kotoran itik dengan dosis 0 g/polybag, 50 g/polybag, 100 g/polybag, 150 g/polybag, 200 g/polybag dan 250 g/polybag. Variabel pengamatan adalah jumlah daun, berat segar tanaman, volume akar, berat kering tanaman dan berat kering akar, serta dilakukan pengamatan terhadap suhu, kelembaban dan pH tanah.
Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa, pemberian pupuk kotoran itik meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman selada di tanah gambut. Dosis 250 g/polybag setara dengan 50 ton/ha memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil jumlah daun minggu ke-2 dan minggu ke-4, berat segar, volume akar, berat kering tanaman dan berat kering akar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.