ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARJIN PEMASARAN KARET RAKYAT DI DESA TAPANG PULAU KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU

Sri Pujiati, Novira Kusrini, Dewi Kurniati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran dan menganalisis elastisitas transmisi harga yang terjadi dalam pemasaran karet rakyat di Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau sebagai daerah penilitian dengan pertimbangan bahwa daerah ini merupakan wilayah yang terluas pengguanaan lahan karetnya bila dibandingkan dengan desa lain yang ada di kecamatan Belitang Hilir. Pengambilan jumlah sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan Stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor yang mempengharuhi marjin pemasaran karet lump adalah harga ditingkat petani (X1) , jumlah lembaga pemasaran yang dilalui (X3) dan jarak petani denganbarik (X4). Nilai elastisitas transmisi harga pada pemasaran karet lump di Desa Tapang Pulau untuk saluran pemasaran I sebesar 0,0903, saluran pemasaran II dan III sebesar 0,078. Nilai elastisitas transmisi harga yang diperoleh untuk semua saluran pemasaran lebih kecil dari 1, Artinya setiap perubahan harga ditingkat pengecer sebesar 1% maka akan mengakibatkan perubahan harga kurang dari 1% ditingkat produsen (petani).

Kata kunci : Karet Lump, Marjin Pemasaran, Transmisi Harga

Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.