ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN PETANI KACANG PANJANG ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KELOMPOK USAHA PRODUKTIF (KUP) DI DESA PENYELADI KABUPATEN SANGGAU

ester justina simanjuntak, Marisi Aritonang, Josua Parulian Hutajulu

Abstract


ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN PETANI KACANG PANJANG ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KELOMPOK USAHA PRODUKTIF (KUP) DI DESA PENYELADI KABUPATEN SANGGAU. BIMBINGAN OLEH DRA. MARISI ARITONANG, MMA DAN JOSUA PARULIAN H, S.SI, MM.

PENELITIAN BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PENDAPATAN PETANI KACANG PANJANG ANTARA ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KELOMPOK USAHA PRODUKTIF (KUP). PENELITIAN MENGGUNAKAN METODE SURVEY DAN DILAKSANAKAN DI DESA PENYELADI. DATA DIKUMPULKAN MELALUI WAWANCARA DENGAN MENGGUNAKAN KUESIONER, PENGAMATAN SECARA LANGSUNG DAN PENCATATAN DARI INSTANSI ATAU LEMBAGA TERKAIT. TEKNIK PENETAPAN SAMPEL DILAKUKAN MENGGUNAKAN SAMPEL JENUH, SAMPEL DIAMBIL SEBANYAK46 PETANI KACANG PANJANG, YANG TERDIRI DARI 23 PETANI KACANG PANJANG ANGGOTA KUP DAN 23 PETANI KACANG PANJANG NON ANGGOTA KUP. PENDAPATAN PETANI DIKETAHUI DENGAN MENGHITUNG SELISIH ANTARA PENERIMAAN TOTAL USAHATANI DENGAN BIAYA TOTAL USAHATANI.

HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA PENDAPATAN PETANI KACANG PANJANG ANGGOTA KUP LEBIH TINGGI DARIPADA PETANI KACANG PANJANG NON ANGGOTA KUP. HAL INI DIPENGARUHI OLEH PENGETAHUAN YANG DIDAPAT PETANI ANGGOTA KUP MELALUI PENYULUHAN-PENYULUHAN DARI MITRA KUP, SEPERTI BAGAIMANA MENGGANTIKAN PUPUK KANDANG DENGAN PETROBIO DAN PEMILIHAN BIBIT YANG BAIK. DENGAN DEMIKIAN MENUNJUKKAN BAHWA SISTEM YANG DILAKSANAKAN PETANI ANGGOTA KUP LEBIH BAIK DARI SISTEM PENANAMAN YANG DILAKUKAN OLEH PETANI NON ANGGOTA KUP.

Full Text:

Docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.