EVALUASI KEMAMPUAN LAHAN DESA PENITI BESAR KECAMATAN SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH

Rini Hazriani Ari Krisnohadi Yunni Nelthafia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat (karakteristik tanah sesuai parameter) kemampuan lahan, menentukan sub kelas kemampuan lahan, dan memberikan rekomendasi penggunaan lahan berdasarkan sub kelas kemampuan lahan.

Lokasi penelitian di Desa Peniti Besar Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah. Metode yang digunakan adalah survey tanah dan pengambilan sampel. Parameter yang di amati dan dianalisis pada penilitian ini meliputi iklim, lereng, tekstur tanah, permeabilitas, kedalaman efektif tanah, drainase tanah, bahaya erosi, batuan/kerikil, ancaman banjir/genangan, garam/salinitas, bahan organik/kematangan, dan reaksi tanah (pH).

Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam satuan lahan, yang terdiri dari dua kelas kemampuan lahan. Kelas kemampuan lahan yang terbesar adalah kelas II (8.797,45 Ha) dan yang terkecil adalah kelas VI (57,7 Ha). Kelas kemampuan lahan terdiri dari kelas II-s dan kelas VI-es, dengan faktor penghambat genangan air, drainase tanah agak buruk, permeabilitas lambat sampai cepat, erosi ringan sampai sedang, dan kelerengan.

 

Kata kunci : Satuan Lahan, Kemampuan Lahan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.