KARAKTERISTIK FISIKA TANAH SAWAH IRIGASI SEMI TEKNIS DI BANTARAN SUNGAI DAN KAKI BUKIT DESA LUBUK ANTUK KABUPATEN KAPUAS HULU

Tino Orciny Chandra Junaidi Bambang Kurniawan

Abstract


ABSTRAK

 

Tanah sawah adalah tanah yang digunakan untuk bertanam padi sawah, baik terus-menerus sepanjang tahun maupun bergiliran dengan tanaman palawija. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan karakteristik fisika tanah sawah irigasi semi teknis di bantaran sungai tepuai dan kaki bukit beluan. Penelitian ini dilakukan selama 4 (empat) bulan yakni Agustus 2018 sampai dengan November 2018 dimulai dari pengambilan data sampel di lapangan, analisis sampel di laboratorium  sampai dengan penyajian hasil. Lokasi penelitian di lakukan di Desa Lubuk Antuk Kabupaten Kapuas Hulu. Pengolahan data dengan menggunakan uji-t Pairet Sample t-test dengan taraf kepercayaan 5 % dan menggunakan program Microsoft Word Exel yang meliputi perhitungan dari hasil porositas total, bobot isi, kadar air kapasitas lapangan, dan permeabilitas tanah antara nilai rata-rata dari dua lahan. Warna tanah lahan sawah bantaran sungai (SBS) yaitu: abu-abu kemerahan, abu-abu gelap, dan coklat gelap keabu-abuan. Lahan sawah kaki bukit (SKB) yaitu: coklat keabu-abuan, kuning agak kecoklatan, dan kuning kecoklatan. Tekstur tanah lahan SBS dan SKB yaitu: liat. Struktur tanah lahan SBS dan SKB yaitu: gumpal.

Muka air tanah pada lahan SBS T1 85 cm, T2 80 cm, T3 78 cm, T4 95 cm, dan T5 90 cm sedangkan pada lahan SKB T1-T5 120 cm belum ditemukan muka air tanahnya, dimana ketinggian masing-masing titik pada petakan sawah berbeda-beda dan pada saat penelitian saluran irigasinya kering dikarenakan masih dalam perbaikan atau direhap. pH tanah masam. Carbon organik rendah sampai sangat rendah. N-Total rendah sampai sangat rendah. C/N Ratio rendah. Kematangan tanah agak matang dan matang. Bobot isi tanah lahan SBS kedalaman 0-20 dan 20-40 cm tidak berbeda nyata, SKB 0-20 dan 20-40 cm berbeda nyata. Lokasi SBS dan SKB kedalaman 0-20 cm tidak berbeda nyata, SBS dan SKB kedalaman 20-40 cm berbeda nyata. Porositas total tanah lahan SBS dan SKB kedalaman 0-20 dan 20-40 cm tidak berbeda nyata. Lokasi SBS dan SKB kedalaman 0-20 cm tidak berbeda nyata, SBS dan SKB kedalaman 20-40 cm berbeda nyata. Kadar air kapasitas lapangan tanah lahan SBS dan SKB kedalaman 0-20 dan 20-40 cm tidak berbeda nyata. Lokasi SBS dan SKB kedalaman 0-20 cm berbeda nyata, SBS dan SKB kedalaman 20-40 cm tidak berbeda nyata. Permeabilitas tanah lahan SBS dan SKB kedalaman 0-20 dan 20-40 cm berbeda nyata. Lokasi SBS dan SKB kedalaman 0-20 dan 20-40 cm tidak berbeda nyata.

 

Kata kunci:   Karakteristik Fisika Tanah, Sawah Irigasi, Sawah Bantaran Sungai, Sawah Kaki Bukit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.