SIKAP DAN MINAT KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA PONTIANAK

Nurcolis Masjid, Eva Dolorosa, Imelda Imelda

Abstract


ABSTRAK

Seiring meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, sayuran kini menjadi alternatif pilihan dalam pola konsumsi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah sayuran hidroponik yang semakin diminati oleh konsumen baik sebagai sumber vitamin dan serat, juga sebagai investasi kesehatan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor sikap dan minat beli terhadap proses keputusan pembelian sayuran hidroponik. Reponden yang digunakan adalah 150 responden secara non-probability sampling dengan metode deskriptif menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor minat beli berpengaruh signifikan sedangkan faktor sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik. Pengaruh tertinggi terjadi pada indikator kognitif yaitu  bagaimana pengetahuan konsumen mengenai sayuran hidroponik  menjadi faktor penting. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan layanan terbaik kepada konsumen sayuran hidroponik dan memilih lokasi terbaik dalam memasarkan sayuran hidroponik.

 

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Minat Beli, Sikap Konsumen, Structural Equation Modelling (SEM).


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.