FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGIS PADA PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA PONTIANAK
Abstract
ABSTRAK
Sayuran merupakan tanaman hortikultura yang memiliki nilai komersial tinggi serta memiliki potensi serapan pasar yang terus meningkat. Saat ini terdapat metode baru yaitu hidroponik dalam budidayaan sayuran. Hidroponik merupakan sistem budidaya yang menggunakan media air. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor sosial dan psikologis pada proses keputusan pembelian sayuran hidroponik. Pengambilan data menggunakan 150 responden yang diambil secara aksidental di 10 produsen hidroponik di Kota Pontianak. Data dianalisis menggunakan konjoin dengan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor sosial yang paling dominan pada proses keputusan pembelian adalah kelompok sosial sedangkan dari faktor psikologis adalah keyakinan.
Kata kunci: Sayuran, Hidroponik, Keputusan pembelian, Analisis konjoin, SPSS.
Full Text:
docxDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v8i2.30586
Refbacks
- There are currently no refbacks.