PERSEPSI ANGGOTA PENERIMA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PENGEMBANGAN KOPERASI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT MINAMAS PLANTATION DI KECAMATAN MARAU KABUPATEN KETAPANG

Tezar Anggitama

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu komitmen berkelanjutan di dunia bisnis untuk bertanggung jawab atas dampak negatif yang ditimbulkan dan mencegah agar dampak negatif yang ditimbulkan tidak merugikan masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat penerima program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap pengembangan koperasi perkebunan kelapa sawit PT Minamas Plantation menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kecamatan Marau. Penelitian kuantitatif dengan metode survei digunakan terhadap 75 responden menggunakan teknik acak sederhana (Simpel Random Sampling) dengan pertimbangan untuk mempermudah dalam pengolahan data dan untuk hasil pengujian yang lebih baik. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan koperasi kebun Mitra Usaha Tani Sejahtera berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Kecamatan Marau secara keseluruhan sudah baik yaitu dengan memperoleh hasil Konversi IKM 74,25.



DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v8i1.27091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.