ANALISIS PEMASARAN DAN TRANSMISI HARGA CABAI RAWIT DI KABUAPETAN KUBU RAYA

Triana Vicky Boru Nainggolan, Adi Suyatno, Josua Parulian Hutajulu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tentang saluran pemasaran, margin pemasaran, efesiensi pemasaran dan transmisi harga cabai rawit di Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dan teknik survei.  Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja karena daerah penelitian memiliki nilai produksi cabai rawit tertinggi. Untuk mementukan jumlah responden digunakan metode  bola salju yaitu 11 petani dan 8 lembaga pemasaran. Hasil dari penelitian menunjukkan ada 3 saluran pemasaran cabai rawit di Kabupaten Kubu Raya, yaitu; Saluran I  dari Petani langsung ke Pengecer Desa, Saluran II dari Petani,  ke Pengumpul Desa dan terakhir ke Pengecer, dan Saluran III dari Petani, ke Pengumpul Luar Kota kemudian ke Pedangan Pengecer. Saluran I memiliki nilai bagian yang diterima petani (83.33%) tertinggi, sehingga diindikasikan memiliki tingkat efesiensi pemasaran terbaik dibandingkan Saluran II (68.57%) dan Saluran III (67.86%). Selanjutnya,  nilai elastisitas transmisi harga dari cabai rawit adalah 0.042 lebih kecil dari 1 (ET < 1), nilai tersebut mengindikasikan jika terjadi perubahan harga sebesar 1% di tingkat pengecer maka akan menyebabkan perubahan harga sebesar 0.042% di tingkat produsen,  artinya elastisitas transmisi harga cabai rawit adalah inelastis.

Kata Kunci:

Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efesiensi Pemasaran dan Transmisi Harga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.