STUDI STATUS HARA NITROGEN (N), FOSFOR (P), DAN KALIUM (K) DI SAWAH TADAH HUJAN DESA ARANG LIMBUNG KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

mar nana diana, Asrifin Aspan, Uray Suci Yulies V.I

Abstract


MARDIANA. Studi Status Hara Nitrogen (N), Fosfor (P), Dan Kalium (K) Di Sawah Tadah Hujan Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Dibimbing oleh ASRIFIN ASPAN DAN URAY SUCI YULIES V.I.

Dilihat dari potensi lahan, tampaknya lahan sawah tadah hujan merupakan alternatif yang menjanjikan dimasa depan untuk dikembangkan. Permasalahan yang menonjol pada lahan sawah tadah hujan adalah produktivitas rendah. Disamping itu, di lahan sawah tadah hujan pengembangan usaha tani padi dihadapkan pada permasalahan kekeringan karena pasokan air hujan yang sulit diprediksi.

Contoh tanah diambil di areal persawahan sawah tadah hujan Desa Arang Limbung yaitu pada 4 titik pengamatan, dengan 5 kali ulangan pada setiap titik, dan kemudian tanah dikompositkan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai status hara Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K) dan pH tanah pada tanaman padi di lahan tadah hujan Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya yang digunakan untuk dasar pengembangan lahan yang dikhususkan pada sistem pemupukan dan pengelolaan lahan agar menghasilkan produksi yang optimal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.