FAKTOR PSIKOLOGIS DAN NILAI DALAM PEMILIHAN MAKANAN CEPAT SAJI DI KOTA PONTIANAK

Tommy Kurniawan, Nurliza Nurliza, Dewi Kurniati

Abstract


Pesatnya arus globalisasi membawa pengaruh budaya luar, ditandai dengan lifestyle, fashion, kulturisasi budaya sampai makanan cepat saji. Makanan cepat saji menjadi semakin populer dan lebih diminati oleh masyarakat perkotaan dikarenakan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor psikologis dan nilai terhadap pemilihan makanan cepat saji di Kota Pontianak. Metode survei dengan sampel 150 responden secara purposive sampling. Analisis menggunakan Structural Equation Modelling dengan estimasi maximum likelihood (MLE) dengan software LISREL 8.80. Hasil penelitian menujukkan faktor nilai berpengaruh terhadap pemilihan makanan sedangkan faktor psikologis tidak berpengaruh terhadap pemilihan makanan. Keluarga mempunyai pengaruh yang paling tinggi. Pemasar dapat menerapkan strategi 4P yang dikhususkan untuk keluarga. Seperti promosi paket makan keluarga dengan harga yang lebih terjangkau.

Kata Kunci : Faktor Psikologis, Makanan Cepat Saji, Nilai, Pemilihan Makanan, Structural Equation Modelling (SEM).


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.