HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN GULAKU PADA PASAR SWALAYAN DI KOTA PONTIANAK

YUNNI AFRIANI, NOVIRA KUSRINI, KOMARIYATI KOMARIYATI

Abstract


ABSTRACT

Sugar is one of the nine essential staples which societies need everyday start from children to adult. Sugar is an additional sweetner for both food and drink that not replaceable. So in consuming, people tend to choose good quality sugar. Of societies, the sugar in package give better quality than bulk sugar. Gulaku is one of the societies frusted sugar product in completing daily needs, so Gulaku listed three times as Top Brand Award start from 2014 to 2016. This research aims to analyze the relationship of marketing mix including product, price, distribution and promotion towards the decision in purchasing Gulaku product on supermarket in Pontianak. This research was conducted by using Rank Spearman Correlation Analysis and SPSS version 18. The results show that the overall attributes of the marketing mix (product, price, distribution and promotion) indicate a relationship with the purchase decision. Of the four most important attributes of marketing mix considered or showing strong relationships are product and promotion.

 

Keywords : Relationship,Marketing mix, Gulaku and Purchasing Decisions

ABSTRAK

Gula pasir adalah salah satu dari Sembilan bahan pangan pokok yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Gula pasir  merupakan bahan pemanis tambahan utama baik untuk makanan maupun minuman yang tidak tergantikan sehingga dalam mengkomsumsi gula pasir masyarakat lebih memperhatikan dan memilih gula pasir dengan kualitas yang baik. Dimata masyarakat gula pasir kemasan lebih memberikan kualitas gula pasir yang lebih baik dibandingkan gula pasir curah. Gula pasir merek Gulaku adalah gula pasir yang dipercayai konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari- harinya sehingga gulaku tercatat sebagai Top Brand Award selama tiga tahun berturut - turut mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosi dengan keputusan pembelian Gulaku pada pasar swalayan di Kota Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman dengan bantuan SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan atribut bauran pemasaran yang paling dipertimbangkan atau menunjukkan hubungan yang kuat adalah produk dan promosi.

 

Kata Kunci : Hubungan, Bauran Pemasaran, Gulaku dan Keputusan Pembelian



Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.