PENGARUH PUPUK ORGANIK KOTORAN BEBEK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU PADA MEDIA GAMBUT

Novita Dewi, Siti Hadijah, Asnawati -

Abstract


Sawi hijau (Brassica rapa parachinensis L) merupakan tanaman sayuran dengan iklim sub-tropis, namun mampu beradaptasi dengan baik pada iklim tropis. Pengelolaan tanah yang lebih intensif yang diikuti dengan usaha perbaikan kesuburan tanah, salah satunyaadalah dengan penambahan bahan organik berupa pupuk organik,diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan sawi hijau di tanah gambut.

Penelitian ini bertujuan mengetahui dosis terbaik dari pemberian pupuk kotoran bebek terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau/ pada media gambut. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 22 Oktober 2012 sampai tanggal 5 Desember 2012 di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 1 faktortiap perlakuan di ulang 5 kali dan masing masing ulangan terdiri dari 5 sampel Perlakuan yang dimaksud adalah taraf dosis pupuk kandang yaituV1 (75 g/polybag), V2 (93,7 g/polybag), V3 (112,5 g/polybag), V4 (131,2 g/polybag), dan V5 (150 g/polybag).

Variabel pengamatan terdiri dari jumlah kehijauan daun (spad unit), berat segar bagian atas tanaman (gram), luas daun total (cm2), volume akar (cm3), dan berat kering tanaman (gram). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pupuk kandang kotoran bebek berpengaruh nyata terhadap berat segar bagian atas tanaman (gram), sedangkan pada jumlah kehijauan daun (spad unit), luas daun total (cm2), volume akar (cm3), dan berat kering tanaman (gram) berpengaruh tidak nyata.

Kata kunci :Pupuk Organik, Pertumbuhan, Sawi Hijau, Media Gambut.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.