EKSPLORASI BAKTERI RIZOSFER LADA ( Piper nigrum L .) YANG BERSIFAT ANTAGONIS TERHADAP PATOGEN HAWAR BELUDRU (Septobasidium sp.)

Nia Supriana, Sarbino -, Zakiatulyaqin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman bakteri rizosfer tanaman lada dan mengujinya sebagai antagonis terhadap Septobasidium sp. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak, mulai dari bulan Juni sampai September 2012.

Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode survey dengan cara mengambil sampel tanah pada rizosfer tanaman lada di Desa Pasir Palembang Kecamatan Mempawah Kabupaten Pontianak. Pengamatan bakteri meliputi identifikasi morfologi koloni bakteri, uji Gram, uji Antagonis, dan uji Hipersensitivitas. Variabel yang diamati ialah keanekaragaman bakteri, daya antagonis terhadap Septobasidium sp. dan Reaksi Hipersensitif.

Berdasarkan hasil isolasi dan identifikasi diperoleh 23 isolat bakteri. 7 isolat dari tanaman lada sehat tidak bergulma, 5 isolat dari tanaman lada sakit tidak bergulma dan 21 isolat dari tanaman lada sakit bergulma. Isolat C, D, E, F dan G merupakan bakteri yang selalu ada pada rizosfer tanaman lada. Isolat A dan B hanya ditemukan pada tanaman lada sehat tidak bergulma. Pada tanaman lada sakit bergulma selain isolat isolat tersebut juga terdapat isolat H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, dan W. Tingkat keanekaragaman bakteri rizosfer tergolong rendah. Hasil uji Gram menunjukkan 20 isolat bakteri rizosfer memiliki Gram negatif, isolat yang memiliki daya hambat tinggi yaitu isolat J sebesar 63,94% 9,15, G sebesar 49,45% 5,43 dan S sebesar 34,74% 3,65 sedangkan bakteri yang memiliki daya hambat terendah yaitu isolat E sebesar 15,38% 5,19 dan uji Hipersensitivitas menunjukkan 7 isolat bakteri memiliki reaksi positif.

Kata kunci : Antagonis, bakteri rizosfer, Septobasidium sp.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.