PENGARUH PUPUK KANDANG KOTORAN AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH DENGAN METODE SRI

Hendri Akino, Kiswan Muhammad, Setia Budi

Abstract


Produktivitas padi sawah di Kalimantan Barat produksi 3.1 ton/ha masih tergolong rendah dibandingkan produksi nasional 5.3 ton/ha. Pemanfaatan tanah untuk tanaman padi terkendala pada beberapa faktor pembatas baik sifat fisik, biologi, dan kimia tanah, serta sistem pertanian yang belum intensif, maka dengan pemberian pupuk organik atau pupuk kandang salah satu alternatif untuk mengatasi kendala pada sifat fisik, biologi dan kimia tanah tersebut dan dengan penerapan pertanian metode SRI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pupuk Kandang Kotoran Ayam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Padi Sawah Dengan Metode SRI (System of Rice Intensification). Penelitian ini dilaksanakan di rumah penelitian pada lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura selama empat bulan mulai dari penyemaian hingga panen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan Pola Rancangan Acak Kelompok (RAK), terdiri dari 6 perlakuan dengan 4 kali ulangan dan setiap ulangan terdiri dari tiga sampel tanaman. Adapun perlakuan penelitian adalah dosis masing-masing pupuk kandang kotoran ayam yaitu : 3 ton/ha pupuk kandang (P1), 6 ton/ha pupuk kandang (P2), 9 ton/ha pupuk kandang (P3), 12 ton/ha pupuk kandang (P4), 15 ton/ha pupuk kandang (P5), dan 18 ton/ha pupuk kandang (P6). Variabel pengamatan ini adalah tinggi tanaman, jumlah anakan maksimum, jumlah anakan produktif, jumlah gabah per rumpun, persentase gabah isi per malai, bobot 1000 bulir, berat gabah per rumpun dan pengamatan lingkungan.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk kandang kotoran ayam pada perlakuan P6 menunjukkan hasil yang tinggi pada padi sawah dengan metode SRI.

Kata kunci : Pupuk Kandang Kotoran Ayam, Padi dan Metode SRI.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.