Pengaruh Kombinasi Nutrisi AB-Mix dan POC Rebung Bambu terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Pagoda (Brassica narinosa L) secara Hidroponik)

NOVAL APRIAWAN, TATANG ABDURRAHMAN, NURJANI NURJANI

Abstract


PENGARUH KOMBINASI NUTRISI AB-MIX DAN POC REBUNG BAMBU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SAWI PAGODA (Brassica narinosa L) SECARA HIDROPONIK

 

Noval Apriawan(1), Tatang Aburrahman(2), Nurjani(2)

(1) Mahasiswa Fakultas Pertanian (2) Staf Pengajar Fakultas Pertanian

Universitas Tanjungpura

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi dan konsentrasi terbaik dari kombinasi nutrisi AB-Mix dan POC rebung bambu terhadap pertumbuhan dan hasil sawi pagoda. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak.  Waktu Penelitian dari tanggal 19 April sampai dengan 2 Juni 2017. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yang terdiri dari 6 perlakuan dan diulang sebanyak 4 kali sebagai berikut. Perlakuannya p1 = nutrisi AB-Mix 2,5 ml/L air dan pupuk organik cair rebung bambu 10 ml/L air, p2 = nutrisi AB-Mix 5 ml/L air dan pupuk organik cair rebung bambu 10 ml/L air, p3 = nutrisi AB-Mix 2,5 ml/L air dan pupuk organik cair rebung bambu 20 ml/L air, p4 = nutrisi AB-Mix 5 ml/L air dan pupuk organik cair rebung bambu 20   ml/L, p5 = pupuk organik cair rebung bambu 10 ml/L air, p6 = pupuk organik cair rebung bambu 20 ml/L air. Variabel yang diamati dalam penelitian ini yaitu jumlah daun pertanaman, luas daun pertanaman, berat segar bagian atas tanaman, berat kering bagian atas tanaman dan volume akar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan kombinasi nutrisi AB-Mix dan POC rebung bambu berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, luas daun, berat segar dan berat kering tanaman, namun berpengaruh tidak nyata terhadap volume akar. Perlakuan 5 ml AB-Mix + 10ml POC rebung bambu merupakan perlakuan kombinasi yang terbaik pada parameter jumlah daun 51,66 helai, berat segar 10,38 g dan berat kering tanaman sawi pagoda 2,84 g.

 

Kata kunci: hidroponik, nutrisi AB-Mix, POC rebung bambu, sawi pagoda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.