Pemanfaatan Abu Kerak Boiler Hasil Pembakaran Limbah Kelapa Sawit Sebagai Pengganti Parsial Pasir pada Pembuatan Beton

Epi Prianti, Mariana Bara’allo Malino, Boni Pahlanop Lapanporo

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan abu kerak boiler hasil pembakaran limbah kelapa sawit sebagai bahan pengganti parsial pasir pada pembuatan beton. Pembuatan beton dilakukan  dengan memvariasikan kandungan kerak boiler pada komposisi campuran beton 0%, 5%, 10%, 15%, 25%, 50% dan 100%. Pengujian terhadap pasir dan abu kerak boiler meliputi uji XRF, massa jenis, penyerapan air  dan kadar lumpur. Pengujian komposisi kimia  dari SiO2,CaO dan Al2O3 pada pasir dan abu kerak boiler menggunakan XRF. Hasil analisis menunjukkan kuat tekan optimum beton dengan komposisi yang mengandung abu kerak boiler 25% yakni 17,83 MPa. Hasil optimum dari penelitian untuk beton yang diuji tergolong dalam standar mutu tipe beton 225 yang dapat diaplikasikan pada pengecoran bangunan-bangunan seperti landasan lapangan terbang, gedung bertingkat dan pengecoran jalan.


Keywords


abu kerak boiler, beton, kuat tekan, uji XRF, kelapa sawit

Full Text:

PDF

References


American Standart Testing And Material C33-92a, Spesifikasi Standar untuk Agregat Beton.

Badan Standar Nasional.,1996 Standar Nasional Indonesia 03-0691 Bata Beton.

Brigita, E., 2012, Penggunaan Lumpur Hasil Pengelolahan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Sebagai Bahan Campuran Pembuatan Bata Beton, Jurusan Kimia FMIPAUniversitas Tanjungpura , Pontianak, (Skripsi).

Jamizar, Iskandar, G. R., dan Prima, Y.P., 2013, Pemanfaatan Abu Kerak Boiler Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Bahan Tambahan (Admixture) Semen Terhadap Kuat Tekan Mortar ,Prodi Tehnik Sipil FT UNP, J. Teknik sipil 3(1).

Mulia, A., 2007, Pemanfaatan Tandan Kosong dan Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Briket Arang, Universitas Sumutera , Medan (Tesis).

Naibaho, R., 2009, Pembuatan dan Karakterisasi Paving Block Sebagai Beton dan Kontruksi dengan Menggunakan Campuran Oil Sludge dan Semen, Fakultas Magister Sains Universitas Sumatera Utara, Medan.

Samekto, W., dan Rahmadiyanto, C., 200, Teknologi Beton, Kansius, Yogyakarta.

Tjokrodimuljo, K., 1992, Bahan Bagunan Dan Kontruksi Beton, Penerbit Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Gajahmada.

Wiryasa, N.M.A.; Sugita, I.N. dan Wedasana, A.S, 2008, Pemanfaatan Lumpur Lapindo sebagai Bahan Substitusi Semen pada Pembuatan Paving Block, J. Ilmiah Tehnik Sipil.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v5i1.9744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


To view our visitor stats, click on the following link:

View My Stats 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter