Analisis Sifat Fisik dan Mekanik Papan Partikel Berbahan Dasar Sekam Padi

. Fauziah, Dwiria Wahyuni, Boni Pahlanop Lapanporo

Abstract


Abstrak

Telah dilakukan pembuatan papan patikel dari sekam padi dengan menggunakan perekat urea formaldehyde (UF). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat fisik dan mekanik pada papan partikel. Pembuatan papan partikel menggunakan bahan baku sekam kasar dan sekam halus dengan perbandingan bahan baku 60 : 40, dan penambahan perekat urea formaldehyde (UF) dengan persentase berat perekat yang digunakan adalah 18%, 20%, dan 22%. Papan partikel kemudian dikempa dengan tekanan 25 kg/cm2 pada suhu 140°C selama 8 menit. Papan partikel yang dihasilkan kemudian diuji sifat fisik dan mekaniknya menurut standar JIS A 5908-2003. Dari hasil penelitian  sifat fisik yang memenuhi standar JIS A 5908-2003 yaitu kerapatan dengan nilai 0,703  sampai 0,709  dan kadar air dengan nilai 8,75% sampai 9,92%. Akan tetapi, sifat mekanik papan partikel tidak memenuhi standar JIS A 5908-2003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa papan partikel dari sekam padi dapat digunakan sebagai bahan baku papan partikel.


Keywords


sekam padi, urea formaldehida, parafin, katalis, dan papan partikel

Full Text:

PDF

References


Hasni Rizka, 2008, Pembuatan Papan Partikel dari Limbah Plastik dan Sekam. Institut Pertanian Bogor.

Haygreen, J.G., dan Bowyer, J.L., 1996, Hasil Hutan dan Ilmu Kayu : Suatu Pengantar. Sujipto, A.H, penerjemah; Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Terjemahan dari : Forest Product and Wood Science: An Introduction.

Maloney, T.M., 1993. Modern Particle Board and Dry Process Fiberboard Manufacturing. Inc Sanfransisco: Miller Freeman.

Sulastiningsih IM, Novitasari, Turoso A. 2009. Pengaruh Kadar Perekat Terhadap Sifat Papan Partikel Bambu. Bogor. Jurnal Pusat Peneltian dan Pengembangan Hasil Hutan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v4i2.8728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY
IN COOPERATION WITH

Jurusan Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Tanjungpura
 Physical Society of Indonesia
Cabang Kalimantan Barat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.