Estimasi Peluang Terjadinya Wabah DBD di Kota Pontianak Berdasarkan Tinjauan Cuaca Menggunakan Motede Jaringan Syaraf Tiruan

. Renitania, Andi Ihwan

Abstract


Telah dilakukan estimasi peluang terjadinya wabah DBD berdasarkan tinjauan cuaca bulanan di kota Pontianak menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan algoritma Hopfield. Pada penelitian ini objek pelatihannya adalah data unsur cuaca bulanan dari tahun 2004 – 2012. Unsur cuaca tersebut adalah data kelembaban udara, curah hujan, uap air dan suhu. Keempat data unsur cuaca tersebut diestimasi untuk menghasilkan nilai bobot (w) yang menghubungkan unsur cuaca dengan perkembangan wabah DBD. Dari hasil simulasi dihasilkan nilai bobot (w) yang baik yaitu -74,31 dan 39,22. Dengan nilai ketepatan estimasi 72% dari data observasi.


 



Keywords


Jaringan Syaraf Tiruan, Metode Hopfield, DBD,Unsur Cuaca

Full Text:

PDF

References


Achmadi, U.F, 2010, Manajemen Demam Berdarah Berbasis Wilayah, Buletin Jendela, Bakti Husada.

Christophers, SR., 1960, Aedes Aegypti (L.) The Yellow Fever Mosquito. Its Life History, Bionomics and Structure, Cambridge University Press, Page 550-554.

Eliyanti, 2005, Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan, http. MateriKuliah.Com

Ernawati, Septima, 2009, Aplikasi Hopfirld Neural Networks Untuk Perkiraan Cuaca, Stasiun Klimatologi Semarang.

Fatih, S.K dan Charatina Umbol Wahyuni, 2005, Peranan Faktor Lingkungan dan Perilaku Terhadap Penolakan Demam Berdarah Dengue di Kota Mataram,Universitas Airlangga.

Irmawan D, Herusantoso, K., 2011, Penerapan Logika Fuzzy Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Prakiraan Cuaca, e-Indonesia Initiative 2011 (eII2011) Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia 14-15 Juni 2011, Bandung. Hal: 214-223

Majidah, Amah, V.D dkk, 2010, Faktor Iklim Dan Insiden Demam Berdarah Dengue Di Kabupaten Serang, Skripsi S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok.

Peraturan Bupati Malang No. 2 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kabupaten Malang.

Sidiek, Aboesina, 2012, Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Penyakit DBD Terhadap Kejadian Penyakit DBD Pada Anak, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v4i1.7345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY
IN COOPERATION WITH

Jurusan Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Tanjungpura
 Physical Society of Indonesia
Cabang Kalimantan Barat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.