Prototipe Alat Ukur Curah Hujan Berbasis Sensor Reed Switch dengan Antarmuka Website

Abdul Muid, Mahavira Zen, Riza Adriat

Abstract


Pengukuran curah hujan diperlukan untuk berbagai hal di negara tropis seperti Indonesia. Alat ukur curah hujan yang ada saat ini yang bekerja secara real time, dapat mengirim data ke komputer masih relatif mahal dan tidak portabel. Pada penelitian ini, telah dibuat prototipe alat ukur curah hujan berbasis sensor reed switch dengan penakar curah hujan tipe tipping bucket menggunakan mikrokontroler arduino yang mudah diperoleh dengan biaya murah dan bersifat portabel. Sinyal sensor reed switch dihubungkan ke arduino mega untuk diproses menjadi data curah hujan dan dikirim ke web server menggunakan ethernet shield. Data kemudian diunduh dan diolah menjadi bentuk grafik dan ditampilkan pada halaman website. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat memiliki resolusi sebesar 0,285 mm dan mampu menghitung curah hujan pada luasan 125,62 cm2 dengan error sebesar 1,36%.


Keywords


curah hujan, tipping bucket, reed switch, arduino mega

Full Text:

PDF

References


Kornellius, Andi Ikhwan, Yudha Arman, Pemodelan Curah Hujan Bulanan Di Wilayah Pontianak Menggunakan Algoritma Genetika, POSITRON, Vol. V, No. 1, 2015, hlm 1-4.

Evita M, Mahfudz M, Suprijadi, Djamal M. & Khairurrija, Alat Ukur Curah Hujan Tipping Bucket Sederhana dan Murah Berbasis Mikrokontroler. J.Oto.Ktrl.Inst (J.Auto.Ctrl. Inst) Vol 2 (2), 2010.

Mori, K., S. Sosdrodarsono, dan K. Takeda. 1999. Hidrologi untuk Pengairan. PT. Pradnya Paratama : Jakarta.

Sumardi, Penakar Curah Hujan Automatis Menggunakan Mikrokontoler ATMEGA 32, TRANSMISI, Vol. 11, No. 2, 2009, hlm 84-90.

Achmadi, S. 2009. Penakar Curah Hujan Otomatis dengan Data Logger SD/MMC Berbasis SMS ( Short Message Service ). Makalah Tugas Akhir. Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro: Semarang.

Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu dengan Menggunakan Php dan MySQL. Speed-Sentra Penelitian Engine-ering dan Edukasi, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v9i1.31696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY
IN COOPERATION WITH

Jurusan Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Tanjungpura
 Physical Society of Indonesia
Cabang Kalimantan Barat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.