Prediksi Curah Hujan di Kota Pontianak Menggunakan Parameter Cuaca sebagai Prediktor Pada Skala Bulanan, Dasarian dan Harian

Asri Rachmawati

Abstract


Telah dilakukan penelitian dengan metode jaringan syaraf tiruan propagasi balik untuk memprediksi curah hujan di Kota Pontianak dengan menggunakan parameter cuaca yakni suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara dan penguapan sebagai parameter prediktor. Data yang digunakan adalah data pada periode 2005-2012 sebagai data latih dan 2013-2014 sebagai data uji. Keseluruhan proses dilakukan secara terpisah pada tiga bagian untuk skala waktu yang berbeda, yakni skala waktu bulanan, dasarian dan harian. Hasil model menunjukkan bahwa semakin besar skala waktu yang diteliti maka semakin tinggi ketepatan prediksi yang dihasilkan oleh model yang telah dibangun. Terlihat pada skala waktu bulanan, dasarian dan harian nilai koefisien korelasi hasil pengujian model secara berturut-turut adalah 0,93 ; 0,52 ; 0,44. Nilai ketetapan atau akurasi prediksi model secara kualitatif pada skala bulanan 100 % dan pada skala harian 52%.

 


Keywords


Prediksi, Curah Hujan, Jaringan Syaraf Tiruan

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. 2012. Penggunaan Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Jurusan Teknik Komputer Di Politeknik Negeri Sriwijaya.Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, S. dan Wibisono, A.M., 2000, Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan untuk Peramalan, Jurnal Teknik Industri, Vo1.2, No.2.

Minarni dan Samiaji, B.I., 2011. Prediksi Terjadinya Hujan Harian dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan di Stasiun Meteorologi Bandara Minangkabau. Jurnal Poli Rekayasa Vol.6, No.2, Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Padang: 129:138.

Minarti dan Iman, S.B., 2011, Prediksi Terjadinya Hujan Harian dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan di Stasiun Meteorologi Bandara Minangkabau, Jurnal Poli Rekayasa Vol.6, No.2, Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Padang.

Oktaviani, C. dan Afdal. 2013. Prediksi Curah Hujan Bulanan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Beberapa Fungsi Pelatihan Backpropagation. Jurnal Fisika Universitas Andalas Vol.2 No.4, Oktober 2013:228 – 237.

Siang, J.J., 2004. Jaringan Syaraf Tiruan Dan Pemrogramannya Menggunakan Matlab Dan Excel Link. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v5i2.11755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


To view our visitor stats, click on the following link:

View My Stats 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter