Sintesis dan Analisis Sifat Fisis Hidroton Berbasis Ball Clay dan Cocopeat

Maulida Siti Maryam, Irfana Diah Faryuni, Mega Nurhanisa, Eneng Maryani

Abstract


Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis material berpori yang diterapkan untuk media tanam hidroponik yaitu hidroton. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan hidroton adalah ball clay dengan penambahan cocopeat yang divariasikan, yaitu 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. Hidroton disintesis menggunakan tanur pada suhu 950ºC selama 4 jam dengan holding time selama 2 jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisis hidroton berupa porositas, bulk density, dan daya serap air. Berdasarkan hasil karakterisasi tersebut, semakin banyak cocopeat ditambahkan pada hidroton, maka semakin tinggi nilai porositas dan daya serap airnya. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan regresi linear dengan nilai gradien porositas dan daya serap air berturut-turut adalah 2,3051, 2,6037 yang menandakan hubungan kedua parameter terhadap penambahan cocopeat adalah berbanding lurus. Untuk nilai bulk desnity, seiring dengan penambahan cocopeat maka semakin rendah nilai bulk density nya. Korelasi ini terlihat dari nilai gradien pada perhitungan regresi linear yaitu -0,1146.


Full Text:

PDF

References


A. Wahyuningsih, S. Fajriani dan N. Aini, “Komposisi Nutrisi dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Sistem Hidroponik,” Jurnal Produksi Tanaman, vol. 4, pp. 595-601, 2016.

P. Lingga, “Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah,” Jakarta, Penebar Swadaya, 2005, pp. 1-80.

A. D. Susila dan Y. Koerniawati, “Pengaruh Volume dan Jenis Media Tanam pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa) dalam Teknologi Hidroponik Sistem Terapung,” Bul. Agron, vol. 32, pp. 16-21, 2004.

S. L. Dalimoenthe, “Pengaruh Media Tanam Organik Terhadap Pertumbuhan dan Perakaran pada Fase Awal Benih Teh di Pembibitan,” Jurnal Penelitian Teh dan Kina, vol. 16, pp. 1-11, 2013.

H. Prihmantoro, Y. H. Indriani dan J. Sugito, Hidroponik Sayuran Semusim untuk Bisnis dan Hobi, Jakarta: Penebar Swadaya, 2005.

O. Y. A. Ningsih dan D. D. Novita, “Pembuatan Hidroton Berbagai Ukuran Sebagai Media Tanam Hidroponik Dari Campuran Bahan Baku Tanah Liat Dan Digestate,” Jurnal Teknik Pertanian Lampung, vol. 4, pp. 267-274, 2015.

S. Miranda, D. Martino dan Y. Alia, “Efektivitas Cocopeat dan Arang Sekam Padi dalam Mensubstitusi Media Tanam Rockwool pada Tanaman Mint (Mentha arvensis L.) Secara Hidroponik Dengan Sistem Sumbu,” 2017.

Hasriani, D. K. Kalsim dan A. Sukendro, “Kajian Serbuk Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam,” pp. 1-7, 2013.

N. Nurilla, L. Setyobudi dan E. Nihayati, “Studi Pertumbuhan Dan Produksi Jamur Kuping (Auricularia auricula) Pada Substrat Serbuk Gergaji Kayu Dan Serbuk Sabut Kelapa,” Jurnal Produksi Tanaman, vol. 1, 2013.

D. Ridayani, M. B. Malino dan A. Asri, “Analisis Porositas Dan Susut Bakar Keramik Berpori Berbasis Clay Dan Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit,” Prisma Fisika, vol. V, pp. 51-54, 2017.

L. Jagat dan M. B. Malino, “Pengujian Mutu Papan Partikel dari Serbuk Gergaji yang Diisi Silika Gel Hasil Pemurnian Abu Sekam Padi,” POSITRON, vol. III, pp. 12-15, 2013.

H. M. Waluyo, I. D. Faryuni dan A. Muid, “Analisis Pengaruh Ukuran Pori Terhadap Sifat Listrik Karbon Aktif Drai Limbah Tandan Sawit Pada Prototipe Baterai,” Jurnal Fisika FLUX, vol. 14, pp. 27-33, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/logo_untan_kecil_134

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Alamat Redaksi:

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Komp. Fakultas MIPA, Untan, Pontianak, Kode Pos: 78124, E-mail: prismafisika@physics.untan.ac.id

Template MS Word Download Disini http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/simbol_ms_word_kecil_82Klik ikon untuk melihat Statistik Jurnal: http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/statistic_kecil_50

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.